BAZNAS Optimalkan Penerimaan Zakat Saat Ramadhan

ketum baznas

ketum baznasJakarta, 1/7 – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berupaya mengoptimalkan penerimaan zakat nasional dengan memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan.

“Kaum Muslimin biasanya memanfaatkan bulan suci Ramadhan untuk banyak  berzakat. Karenanya penting bagi Baznas untuk lebih baik lagi dalam mengoptimalkan penerimaan terlebih pembagiannya di bulan Ramadhan,” kata Ketua umum Badan Amil Zakat Nasional, Didin Hafidhuddin di Jakarta, Senin.

Ia berharap 60 persen dari target penerimaan amil zakat 2013 yang mencapai Rp3 triliun dapat terhimpun pada bulan Ramadhan.

“Biasanya 30 persen hingga 60 persen penerimaan zakat terjadi saat Ramadhan. Kita berupaya supaya bisa 60 persen tercapai,” lanjutnya.

Selain mengingatkan umat di saat Ramadhan, ia mengatakan Baznas akan mencoba menyentuh segmen lain yang belum tersentuh.”Seperti kemarin kita menyentuh kalangan artis. Kita coba zakat ini terekspose dengan baik, alhamdulillah hasilnya baik juga”.

Upaya lain yang dilakukan Baznas guna menaikkan penerimaan zakat khususnya di bulan Ramadhan dengan mensosialisasikan kepada seluruh BUMN. Dalam hal ini melalui bantuan Menteri BUMN.

“Tanggal 12 Juli kita mau buka puasa bersama dengan Menteri BUMN. Kita kumpulkan direksi-direksi BUMN untuk sosialisasikan zakat,” ujar dia.

Dan pada tanggal 23 Juli Baznas rencananya akan berbuka bersama dengan Presiden sekaligus mengundan para menteri. Harapannya semua pihak bergerak serentak membuat zakat menjadi bagian gaya hidup semua orang, katanya.

“Hari berikutnya, tanggal 24 Juli rencananya kita akan melakukan buka bersama 13.000 anak yatim. Dengan demikian jelas perlu ada manajemen yang baik untuk mengelola zakat ini,” ujar Didin. (Antara)

(0/5)0
Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *