Inilah Kenapa Mata Kita “Merem” Ketika Bersin. Ada yang Bisa Sambil Melek?

508

BogorNetizen pada sadar ga sih waktu kalian bersin itu mata kalian pada merem? Bisa ga sih kita bersin sambil melek? Ada lagi yang bilang kalau bersin dengan mata terbuka, bisa bikin bola mata kita keluar yaa. Buat lebih jelas dan tau tentang kebenarannya, ini dia ulasannya :

Kenapa kita merem waktu bersin? Kita merem karena itu sudah menjadi refleks syaraf – syaraf halus mata dan hidung yang saling berdekatan sehingga saling memberikan respon satu sama lain. Hal itu dilakukan untuk melindungi saluran air mata dan kapiler darah agar tidak terkontaminasi atau terinfeksi bakteri yang keluar dari badan.

Ada juga penjelasan lain yang memberikan pendapat, bahwa bersin sambil merem supaya kuman yang keluar dari hidung dan mulut tidak masuk ke mata yang bisa membahayakan mata itu sendiri. Lalu benar atau tidak bila kita bersin dengan mata terbuka bisa membuat  bola mata kita keluar? Jawabannya adalah TIDAK. Karena mata memiliki 6 buah otot ekstra yang menahan mata agar tetap pada tempatnya sehingga bila kalian bersin dengan kencang bola mata kalian akan tetap aman dan masih pada tempatnya.

Bisa ga sih kita bersin sambil membuka mata? Bisa saja, namun butuh kerja yang ekstra keras dikarenakan yang kita paksa untuk membuka adalah reaksi dari syaraf refleks tubuh kita. Jadi sudah tau kan kenapa dan apa penyebab kita bersin sambil merem BogorNetizen? Semoga Bermanfaat yaa 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here