Kenapa Air Laut Rasanya Asin?

527
Kenapa Air Laut Rasanya Asin?

Kenapa ya air laut rasanya asin? Airnya asin bukan karena keringet dari ikan – ikan yang berenang didalemnya yaa, jadi pada saat terjadi hujan di daratan air akan meresap dalam tanah dan sedikit demi sedikit akan keluar lagi melalui sungai – sungai dan akhirnya mencapai laut. Nah pada saat perjalanan menuju ke laut tersebut air dari daratan juga membawa garam – garam mineral sehingga laut di penuhi garam – garam mineral.

Karena laut mempunyai permukaan air yang luas, maka penguapan yang terjadi juga sangat besar sehingga saat terjadinya proses penguapan, hanya air laut saja yang menguap dan garam yang tadi terbawa dari daratan tetap tinggal dilaut dan itulah yang menyebabkan air laut memiliki rasa yang asin.

Lalu bila seperti itu, kenapa air di danau juga tidak berasa asin? Itu karena permukaan air danau tidak seluas permukaan laut sehingga penguapannya tidak begitu besar, maksudnya air yang menguap dengan air yang masuk ke danau masih seimbang dan sumber mineralnya sangat terbatas berbeda dengan laut yang sumber mineralnya dari berbagai penjuru dunia menjadi satu.

Jadi sekarang BogorNetizen udah tau kan kenapa air laut itu rasanya asin?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here