5 Cara Menghindari Kemacetan Lalu Lintas

592

Kebanyakan orang yang rumahnya jauh dari kantor suka terjebak macet saat berangkat atau pulang kerja. Waktu yang berharga jadi terbuang sia-sia hanya karna macet. Ada gak sih cara supaya kita terhindar macet? Nah, mungkin tips ini bisa diterapkan.

1. Pilih Kos atau tempat kerja yang dekat

Yang pertama kalau kalian tidak mau kena macet pada saat pergi kuliah, bekerja dan pergi kesekolah baiknya kalau kalian memilih Kos di dekat tempat kerja atau kampus kalian, Begini caranya. Ukur terlebih dahulu jarak tempuh kos atau rumah kalian dengan tempat kerja apakah sangat jauh atau tidak, misalkan sampai 1 jam lebih mungkin kalian lebih memilih ngekos atau ngontrak dekat dengan tempat kerja, itu jauh lebih bagus dari pada harus Pulang pergi jauh sekali Bisa jadi anda kesiangan dan kemudian kena macet deh, itu yang bikin Repot. Dengan memilih tempat tinggal yang dekat memungkinkan untuk kalian lebih cepat datangnya juga baik ke tempat kerja dan sekolah.

2. Berangkat lebih awal

Yang kedua kalau kalian tidak mau kena macet mungkin kalian bisa berangkat lebih pagi, misalnya untuk masuk sekolah kalian jam 7 pagi atau masuk kerja sekitar pukul 07.30 maka kalian bisa sejam lebih awal sudah harus berangkat dari rumah, biasanya kalau terlalu pagi kendaraan masih jarang yang lewat, tak apa jika terlalu pagi itu malah jauh lebih baik, Malah anda bisa beristirahat juga. Dengan begitu anda juga tidak terlalu buru-buru di jalan, dari pada berangkat mepet dengan jadwal bisa jadi malah nantinya tidak tenang, kena macet dan posisinya ngebut, itu sangat berbahaya sekali. Untuk itu usahakan bangun pagi kalau anda tidak ingin kena macet, terlebih di Jakarta dan juga Kota-kota besar di luar sana.

3. Naik kendaraan roda Dua (motor)

Nah kalau kalian tidak mau kena macet alangkah lebih baiknya kalau kalian naik kendaraan roda 2 atau motor, biasanya kalau naik bus atau angkot mereka lebih suka mencari penumpang banyak terlebih dahulu barulah mereka berangkat ke tujuan penumpang masing-masing, itu sangat lama dan bisa sampai siang. Nah lebih baik anda menggunakan kendaraan roda dua, lebih mudah dan juga anda bisa mengatur jadwal berangkat anda baik kerja dan pergi ke sekolah. Untuk itu persiapkan kendaraan anda setelah pulang dari kerja sehingga di pagi hari anda tidak perlu memeriksanya lagi, yang pasti kelengkapan harus tetap terjaga.

4. Survey Rute jalan

Kemudian yang keempat kalau semua di atas masih membuat anda terkena macet di jalan mungkin anda bisa melakukan yang namanya survey Rute jalan, wah ini sangat keren kayaknya yah. Hehe. Nah dengan melakukan survey jalan anda bisa tahu jalan paling singkat untuk ke tempat kerja kalian, nah untuk melakukan survey Rute ini ambilah hari libur biasanya minggu, maka kalian bisa sambil jalan-jalan dan survey rute mana yang paling sepi dan cepat atau terlalu jauh namun tidak macet, lebih baik pilih rute yang lebih jauh 10 menit dari rute utama yang biasanya jauh lebih macet, betul gak ? nah maka luangkan waktu kalian di hari libur untuk survey jalan yang paling cepat atau paling sepi jarang untuk lewat para pengguna jalan lainnya.

5. Manfaatkan GPS

Nah yang terakhir kita bisa memanfaatkan GPS. Di jaman yag modern ini kita gak harus punya GPS baku yang hanya untuk menentukan rute, kita bisa menggunakan smartphone kita untuk dijadikan GPS. Tentu saja ini sangat bermanfaat, sehingga kalian bisa mengatur jadwal kapan pulang, atau jika tidak kalian bisa melihat CCTV online yang biasannya di pasang di jalanan, itu jauh lebih baik untuk memantau aktivitas jalan yang akan anda lewati.

Nah itulah yang mungkin bisa menjadi alternatif kalian untuk menghindari kemacetan yang semakin menjadi.

sumber gambar : Google.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here