KH. Sholeh Iskandar, Siapakah Dia?

1011
KH. Sholeh Iskandar, Peci Hitam Berkacamata (google images)

Nama-nama jalan utama di Kota manapun biasanya menggunakan nama pahlawan nasional maupun pahlawan daerah tersebut. Nah, di Kota Bogor sendiri ada jalan yang bernama Jalan KH. Sholeh Iskandar, ada yang tau siapa beliau? Pahlawan nasional kah? Atau Pahlawan lokal Kota Bogor?

Ternyata, KH. Sholeh Iskandar merupakan sosok ulama kharismatis di wilayah Bogor atau Jawa Barat. KH (Alm) Sholeh Iskandar dikenal sebagai seorang ulama pejuang yang gigih menentang kolonialisme Belanda di Indonesia yang telah mencengkram Indonesia selama 3,5 abad. Masa mudanya dihabiskan di medan perang, yakni sebagai Komandan Hizbullah di wilayah Bogor Barat meliputi Leuwiliang dan Jasinga.

Beliau tercatat sebagai pendiri dan sekaligus sebagai Ketua Yayasan dari 1960-1992. Selain itu, KH Sholeh Iskandar terlibat aktif dalam proses pendirian Rumah Sakit Islam Bogor dan Universitas Ibnu Khaldun. Kiprah sosial KH. Sholeh Iskandar tidak berhenti sampai disitu, diusianya yang mulai menua, Sholeh Iskandar masih memikirkan tingkat kemakmuran dan perekonomian wilayah Leuwiliang dan sekitarnya yang masih terbelakang. Atas inisiatif dan gagasannya pula, KH Sholeh Iskandar mendirikan Bank Perkreditan Rakya (BPR) Amanah Ummah, untuk mempercepat dan mempermudah akses ekonomi dan permodalan bagi kelompok usaha kecil dan menengah (UKM). Sampai sekarang kinerja BPR Amanah Ummah sangat menggembirakan dengan aset mencapai puluhan miliar rupiah.

Wah, pantas saja ya Universitas Ibnu Khaldun dan RUmah Sakit Islam Bogor di lewati Jalan KH. Sholeh Iskandar.

Nah, sekarang sudah taukan siapa itu KH Sholeh Iskandar, semoga kejadian gambar pahlawan di mata uang pecahan sepuluh ribu yaitu Frans Kaisiepo tidak terulang lagi ya.

Cari tau dahulu sebelum menilai sesuatu 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here