Bank Dunia Puji Rwanda Karena Gunakan “Drone” Untuk Kirim Pasokan

362
Presiden Grup Bank Dunia Dr. Jim Yong Kim menggambarkan penggunaan "drone" oleh Rwanda untuk mengirim darah penyelamat nyawa(Google Images)

Presiden Grup Bank Dunia Dr. Jim Yong Kim menggambarkan penggunaan “drone” oleh Rwanda untuk mengirim darah penyelamat nyawa sebagai contoh terbaik mengenai bagaimana pemerintah dapat memanfaatkan teknologi mutakhir untuk keuntungan rakyat mereka. Kim tib di Ibu Kota Rwanda, Kigali, pada Selasa (21/3) untuk kunjungan dua-hari.

Ia mengunjungi proyek peluncuran pesawat tanpa awak (drone) di Rwanda, yang dioperasikan oleh perusahaan AS Zipline Inc. di Muhanga, Rwanda Selatan. Di Muhanga, ia menyaksikan demonstrasi pengiriman darah dengan menggunakan drone oleh tim Zipline. Ia mengatakan pesawat tanpa awak itu dapat digunakan untuk mengirim produk medis lain, termasuk vaksin dan obat lain yang sangat diperlukan.

“Menggunakan drone untuk mengirim darah benar-benar inovasi penyelamat nyawa dan kredit buat pemimpin Rwanda. Itu akan sangat meningkatkan hasil kesehatan,” kata Kim di dalam laman Twitter.

Setelah pertunjukan penggunaan pesawat tanpa awak tersebut, ia menyatakan salah satu tantangan paling besar terutama dalam sistem kesehatan di negara berkembang ialah ketika seseorang berada dalam kondisi darurat yang memerlukan perhatian mendesak, seringkali sulit untuk mengirim pasokan ketempat yang memerlukan.

Proyek pelabuhan drone itu diluncurkan pada Oktober lalu, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu pagi. Pesawat tanpa awak tersebut mengirim darah penyelamat nyawa untuk lebih dari 20 instalasi kesehatan di bagian barat negeri itu, yang tak bisa didatangi oleh kendaraan, kata para pejabat Rwanda/

Penggunaan drone mengurangi lamanya waktu pengirim darah jadi sekitar 30 menit dari empat hingga lima jam, kata para pejabat.

Sementara itu, Presiden Grup Bank Dunia menegaskan komitmen pemberi pinjaman untuk mendukung proses pembangunan di Rwanda dengan segala cara yang mungkin. (Antara/Xinhua-OANA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here