Sleepwalker Bukan Berarti Gangguan Mental

679

Kebiasaan tidur sambil berjalan dianggap sebagai kebiasaan yang cukup berbahaya bagi si pengidap ataupun orang disekitarnya akan tetapi sleep walking tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Kebiasaan tidur sambil berjalan bukanlah gangguan dalam kesehatan mental, namun gangguan tidur biasa yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti:

1. Genetik
Ternyata, kebiasaan ini bisa saja ‘diturunkan’. Penelitian menunjukkan bahwa sleepwalking cenderung terjadi pada anak kembar. Selain itu, orang yang di keluarganya memiliki riwayat melakukan sleepwalking, berisiko 10 kali mengalaminya di kemudian hari.

2. Faktor lingkungan
Memiliki kebiasaan tidur sambil berjalan dapat muncul karena kekurangan tidur, mengalami stress, waktu tidur yang tidak teratur, dan mengonsumsi alkohol. Pada anak kecil, usia 3 hingga 8 tahun, kekurangan tidur, kelelahan, dan waktu tidur yang tidak teratur berpotensi tinggi membuat anak tersebut memiliki kebiasaan tidur sambil berjalan. Selain itu, faktor lain yang menyebabkan kebiasaan ini adalah mengonsumsi obat-obatan seperti obat tidur, obat penenang, obat stimulan, dan obat anti alergi.

3. Keadaan medis
Berbagai penyakit atau gangguan fungsi tubuh juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami kebiasaan tidur sambil berjalan, seperti orang hamil dan menstruasi, demam, orang yang memiliki masalah atau gangguan mental.

Cara mengatasi dan menangani kebiasaan atau hal ini anda cukup melakukan tidur dengan waktu yang cukup, hindari stress dengan melakukan relaksasi dan meditasi, dan hilangkan hal – hal yang berpotensi menimbulkan bahaya di dalam kamar, seperti barang pecah belah dan barang yang tajam.

Bolehkah kita membangunkan orang yang sedang sleepwalking? Kebanyakan orang malah takut untuk membangunkan orang itu. Sebenarnya membangunkan orang yang sedang tidur sambil berjalan bukanlah masalah dan tidak akan menimbulkan hal buruk, walaupun ketika orang tersebut dibangunkan ia membutuhkan waktu untuk kembali ‘sadar’ dengan apa yang telah ia lakukan. Justru, membangunkan orang yang tidur sambil berjalan merupakan hal pencegahan yang perlu dilakukan agar orang tersebut terhindar dari cedera karena terkena benda tajam di sekitarnya atau karena jatuh akibat tertabrak benda.

Jadi para BogorNetizen gausah takut kalau ada dari keluarga atau teman kalian yang mengalami gangguan tidur seperti ini yaa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here