Dunia Internasional Suarakan Gerakan Lindungi Ekosistem Leuser

386
Gerbang Masuk Taman Nasional Gunung Leuser (google images)

Sejumlah organisasi pemerhati lingkungan di Indonesia dan dunia menyuarakan gerakan “Love the Leuser Ecosystem” untuk melindungi ekosistem Leuser dari kerusakan yang mengancam kehidupan flora dan fauna kawasan tersebut.

Dalam siaran pers dari Rainforest Action Network (RAN) yang diterima di Jakarta, Rabu, disebutkan kampanye melindungi ekosistem Leuser menggunakan media seni grafis, fotografi, video dan realitas maya yang disebarkan melalui media sosial dan tradisional untuk mengangkat profil dari lanskap Ekosistem Leuser.

Koordinator Komunikasi RAN Leoni Rahmawati menyebutkan mulai dari komunitas lokal, ahli biologi satwa liar ternama, konservasionis hutan, aktivis hak asasi manusia dan perubahan iklim, hingga aktor Hollywood Leonardo DiCaprio turut berpartisipasi dalam gerakan ini.

Ekosistem Leuser muncul dalam film dokumenter Leonardo DiCaprio yang berjudul “Before the Flood” sebagai daerah yang berfungsi penting untuk melindungi keseimbangan iklim dunia.

Tujuan diadakannya gerakan “Love the Leuser Ecosystem” ialah agar warga global mengetahui kekayaan keanekaragaman hayati di Leuser yang berdampak pada dunia, dan agar industri tidak merusak kawasan tersebut.

Seluas 2,6 juta hektar hutan hujan yang membentang di ekosistem Leuser menjadi salah satu yang terluas dan tersisa di Asia Tenggara. Wilayah ini menjadi tempat terakhir di dunia sebagai habitat orangutan, gajah, harimau, dan badak hidup bersama di alam bebas

Para ilmuwan satwa liar telah memperingatkan bahwa empat jenis satwa yang kini terancam punah akan punah selamanya jika hutan yang tersisa di ekosistem Leuser ini hancur.

Ekosistem Leuser merupakan ekosistem bersejarah yang dikenal oleh ilmu pengetahuan telah mengalami ribuan tahun evolusi tak terputus hingga menghasilkan salah satu konsentrasi keanekaragaman hayati tertinggi.

Ekosistem ini kaya flora dan fauna ini setidaknya memiliki 105 jenis mamalia, 386 jenis burung, 95 jenis reptil dan amfibi dan 8.500 spesies tanaman. Salah satu hewan yang disebut “Thomas Leaf Monkey”, atau dikenal sebagai Monyet Kedih merupakan spesies endemik yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Ekosistem Leuser membentang diantara dua provinsi di Sumatra yaitu Aceh dan Sumatera Utara. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here