Manfaat dan Akibat dari Penggunaan AC Setiap Saat

910
AC Pada Ruangan (google image)

AC memang bisa membuat ruangan menjadi nyaman untuk di tinggali yaa BogorNetizen, tapi waspadailah hal – hal berikut yang bisa kita alami bila menggunakan AC setiap hari. Tapi ada juga beberapa manfaat dari penggunaan AC ini, yuk langsung aja disimak pembahasannya :

Manfaat Penggunaan AC

  1. Melindungi Dari Panas

Panas yang berlebihan dapat menyebabkan stroke panas, di mana tubuh tidak dapat mengatur suhu dengan baik. Jika tidak segera diobati, stroke panas ini dapat merusak otak dan organ vital lainnya. AC bisa membantu mencegah terjadinya stroke panas dengan cara menurunkan suhu udara.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah masalah lain yang berhubungan dengan paparan panas yang berlebihan. Berkeringat berlebih karena suhu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, jika cairan tubuh  yang hilang tidak diisi ulang dengan baik. AC bisa meminimalkan resiko dehidrasi dengan cara mengurangi keringat dan kehilangan banyak cairan.

3. Meningkatkan Produktivitas

Dengan suhu panas yang tak tertahankan, AC akan membantu mengurangi kelelahan yang berhubungan dengan panas dan stres. Dengan adanya AC yang menyejukkan, maka akan meningkatkan produktivitas kerja. Panas yang ekstrim bisa menimbulkan efek negatif pada aktivitas fisik dan kecerdasan. AC akan meningkatkan kinerja dengan menyediakan lingkungan kerja yang sejuk dan nyaman.

4. Meningkatkan Kualitas Udara Dalam Ruangan

AC membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan secara signifikan. AC pada umumnya dapat menyaring debu dari lingkungan. Selain itu juga akan mengontrol pertumbuhan jamur dan lumut dengan cara mengurangi tingkat kelembaban. Di daerah dengan kualitas udara yang buruk, AC dapat menciptakan suasana yang bersih dan sehat.

5. Membantu Mengurangi Asma dan Alergi

AC menyaring dan mensterilkan udara yang kita hirup, sehingga dapat membantu mengurangi asma dan alergi dengan cara menghilangkan debu dan serbuk sari serta menghambat pertumbuhan jamur dan lumut. Gunakan AC dirumah atau ditempat anda bekerja dengan jendela yang ditutup, agar bisa membantu mencegah masuknya debu dan bakteri yang ada disekitar lingkungan kalian.

Akibat Penggunaan AC

  1. Efek Kekeringan Pada Kulit

Menghabiskan berjam – jam di ruangan yang ber-AC dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada selaput lendir. Kulit juga bisa kehilangan kelembaban alaminya dan bisa menjadi kering dan sensitif. Untuk mengatasi kulit yang kering, gunakanlah pelembab kulit agar kulit kita selalu tejaga kelembabannya.

2. Tidak Ramah Lingkungan

Kebanyakan AC menggunakan freon atau CFC, yang diketahui bisa menyebabkan penipisan lapisan ozon. Namun, AC generasi baru dikenal sudah bisa meminimalkan dampak ini, sehingga tidak terlalu berdampak pada iklim.

3. Flu dan Pilek

Sama halnya dengan bahaya kipas angin, AC melakukan pendinginan melalui proses penguapan sehingga akan mengeringkan selaput lendir di hidung juga mulut kalian lho. Kita tahu bahwa hidung dan ternggorokan sangat bergantung pada kelembaban udara yang membuat sistem imun bekerja.

4. Mudah Lelah

Bagi mereka yang terbiasa bekerja dan beraktivitas diruangan yang ber-AC, maka begitu keluar ruangan akan merasa tidak nyaman dan selalu mengeluarkan keringat. Gejala lainnya yaitu mereka mudah lelah saat beraktivitas dan bekerja pada ruangan yang tidak memiliki fasilitas AC.

5. Menurunnya Kesehatan Paru-Paru

Hal Ini dikarenakan, ruangan ber-AC dapat menyebabkan suhu dan kelembaban di dalam ruangan berubah secara mendadak. Kedua perubahan tersebut akan berpengaruh pada sistem pernafasan seseorang khususnya paru-parunya.

Jadi buat BogorNetizen jangan terlalu sering menggunakan atau berada diruangan ber AC yaa, selain tidak bagus untuk diri juga tidak bagus untuk bumi kita ini. Jangan hanya mementingkan masalah diri kita saja, tapi lihat juga dampaknya bagi lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here