MENDIKBUD : Sekolah Harus Miliki Keunggulan Masing – masing

311
Muhadjir Effendy yang Sedang Memberikan Keterangan di Depan Media (google image)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan sekolah harus memiliki keunggulan masing-masing seperti agama, kwirausahaan dan olah raga.

“Setiap sekolah harus memiliki keunggulannya masing-masing. Kalau sekarang, kita lihat banyak sekolah swasta memiliki keunggulan. Maka ke depan, sekolah negeri akan memiliki keunggulan masing-masing,” ujar Mendikbud saat dihubungi dari Jakarta, Minggu.

Dia mengatakan pihaknya memberikan kebebasan kepada sekolah untuk menentukan sendiri apa keunggulan sekolah itu.

Hal itu sesuai dengan Undang – undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dikelola dengan manajemen berbasis sekolah.

“Jadi, kami akan perkuat eksistensi sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, komite sekolah termasuk lingkungan yang mendukung dari sekolah itu. Begitu juga dengan komite sekolah akan dibenahi,” papar dia.

Pihaknya akan menunjuk sejumlah swasta yang memiliki keunggulan sehingga menjadi rujukan bagi sekolah negeri.

Sementara itu, Direktur Global Sevilla School, Robertus Budi Setiono, mengatakan pihaknya siap jika sekolahnya dijadikan sebagai sekolah rujukan bagi sekolah negeri.

“Sejak didirikan, kami memang bercita-cita membuat institusi pendidikan yang tidak hanya institusi pendidikan yang tak hanya konsentrasi pada pengetahuan tetapi juga karakter,” kata Budi.

Budi mengatakan selama empat tahun terakhir, pihaknya fokus pada pengembangan karakter melalui semua kegiatan murid seperti teater dan lainnya.

“Kami juga menekankan pengendalian diri. Dengan kegiatan ini, anak didik belajar mengendalikan diri sehingga dalam menghadapi ujian tidak lagi dengan kondisi tertekan,” kata Budi. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here