KSPI akan Gelar Aksi Prahari Buruh

334
KSPI akan gelar aksi prahari buruh besok (Google Images)

Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan turun ke jalan menyampaikan berbagai aspirasi terkait kepentingan pekerja pada Rabu (12/4) sebelum peringatan Hari Buruh, 1 Mei.

Presiden KSPI Said Iqbal dalama keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa,  mengatakan aksi akan dilakukan di Jakarta dan juga beberapa provinsi lainnya seperti Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Aksi akan dilakukan di empat titik di Jakarta mulai dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Istana Negara, Mahkamah Agung, dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Said  Iqbal menyatakan aksi bertujuan menyampaikan tuntutan untuk mencabut PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan yang dinilai masih rendah.Dia mengkritik kenaikan upah buruh yang hanya sedikit dan meminta dinaikkan mengingat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terpantau baik. “Kedua, buruh menolak revisi Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 dan sistem pemagangan,” kata dia.

Menurutnya hal tersebut akan memudahkan perekrutan dan pemecatan pekerja dan menyebabkan pasar kerja fleksibel. Dalam aksinya KSPI juga menyampaikan rasa solidaritas
untuk buruh di PT Smelting, Gresik, yang dirumahkan secara sepihak oleh manajemen.

Sedang tuntutan terakhir yang dilakukan di gedung KPK buruh meminta percepatan proses kasus dugaan korupsi KTP-e yang menyeret banyak nama di DPR maupun eksekutif.”Korupsi adalah musuh kita semua. Karena korupsi, uang negara hanya mengalir ke kantong segelintir orang. Kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia sulit diwujudkan. Buruh akan mengambil bagian dalam perang melawan korupsi,ujar dia. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here