Benarkah Banteng Membenci Warna Merah?

921
Matador yang Sedang Melakukan Atraksi Dengan Banteng Menggunakan Kain Berwarna Merah (google image)

Kepercayaan banyak orang tentang banteng adalah bahwa hewan ini dikatakan benci jika melihat warna merah. Pertanyaannya, benarkah banteng bisa melihat warna merah?

Faktanya, banteng sama sekali tidak marah melihat warna merah. Mengapa? Sebab, banteng buta warna. Sehingga kemungkinan besar hewan tersebut tidak bisa membedakan warna merah atau warna lainnya.

Lantas mengapa para matador menggunakan kain merah untuk memancing amarah banteng? Ini dia jawabannya …

Matador (google images)

Mengapa para matador menggunakan warna merah dalam sebuah pertunjukan? Ada beberapa kemungkinan, yaitu warna merah diperkirakan mudah dilihat oleh orang yang duduk jauh dari arena saat pertunjukan. Kedua, warna merah indentik dengan amarah yang dapat menggambarkan seramnya banteng saat itu.

Kalian dapat membuktikannya dengan melihat matador yang tengah menghadapi seekor banteng. Awalnya dia akan menggerak – gerakkan kain merah tersebut di hadapan banteng dengan perlahan. Lama kelamaan gerakan kain merah tersebut semakin cepat. Sehingga hal itulah yang dapat menyulut kemarahan sang banteng.

Para peneliti telah membuat serangkaian percobaan untuk mengetahui tentang fakta warna merah yang dikatakan dapat memancing amarah banteng. Mereka awalnya meletakkan 3 bendera dengan warna yang berbeda, yaitu merah, biru dan putih di dalam kandang. Hasilnya, banteng tersebut menyerang semua bendera yang berada di situ tanpa kompromi.

Percobaan kedua dilakukan dengan meletakkan 3 boneka dengan warna yang berbeda, yaitu merah, biru dan putih di dalam kandang. Sekali lagi, banteng menyerang habis-habisan boneka ketiga boneka tersebut tanpa pandang bulu.

Aksi Brutal Banteng (google images)

Percobaan terakhir dilakukan di sebuah arena dengan menempatkan seseorang berbaju merah bersama sang banteng. Dia ditugaskan hanya untuk berdiri saja tanpa melakukan gerakan sedikitpun. Sementara di luar arena telah berdiri dua orang mengenakan baju berwarna lain selain warna merah. Kedua orang tersebut bergerak, berlari-lari kecil. Hasilnya, banteng menyerang kedua orang di luar arena dengan sangat beringas.

Sedangkan orang di dalam arena yang menggunakan baju merah sama sekali tidak dikejarnya.

Hal ini menandakan bahwa banteng akan marah dan merasa terusik pada hal-hal yang bergerak, bukan pada warna. Sehingga, jika Anda tengah menggunakan baju merah saat melihat banteng, Anda tidak perlu khawatir lagi. Asalkan Anda tidak ‘caper’ pada banteng tersebut.

Jadi begitu penjelasannya BogorNetizen, berarti kalau peryataan banteng membenci warna merah itu “hoax” ya alias palsu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here