MENSOS Tetapkan TMII Wahana Pembentukan Jiwa-Sikap Kesos

361
Sumatera Barat di Taman Mini Indonesia Indah (google images)

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menetapkan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai wahana pembentukan jiwa dan sikap kesetiakawanan sosial pada ulang tahunnya yang ke 42.

“Di TMII kita diperkenalkan kebudayaan Indonesia. Kami ajak seluruh komponen bangsa untuk menghargai perbedaan, senantiasa menghargai persatuan dan kebersamaan marilah kita bersatu padu,” kata Mensos saat meresmikan Pekan Hari Ulang Tahun (HUT) TMII ke-42 di Jakarta, Minggu.

Mensos mengapresiasi TMII yang telah berinisiatif dan berperan aktif dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial melalui peresmian TMII sebagai Wahana Pembentukan Jiwa dan Sikap Kesetiakawanan Sosial.

Hal ini sejalan dengan kebutuhan untuk menjabarkan nilai-nilai Kesetiakawanan Sosial dalam bentuk-bentuk aksi nyata.

“Peran dan inisiasi yang luar biasa telah ditunjukkan TMII dalam melestarikan dan mengembangkan budaya bangsa dan tradisi, menjadi sarana rekreasi berbasis budaya, menjadi sarana pendidikan bagi masyarakat untuk lebih mencintai Indonesia sehingga tercipta persatuan dan kesatuan,” katanya.

Mensos mengatakan nilai-nilai Kesetiakawanan Sosial menjadi penting untuk diinternalisasikan pada segenap bangsa Indonesia, khususnya bagi para pengunjung TMII.

Kesetiakawanan Sosial secara substansi di dalamnya terdapat usaha-usaha mengajak seluruh komponen bangsa untuk peka terhadap kondisi sosial, untuk peduli, untuk berbagi, dalam suasana penuh toleransi.

Di dalam wahana yang dimiliki TMII diperkenalkan berbagai bentuk keragaman Indonesia, pengunjung dikenalkan dengan kampanye sosial tentang pembentukan jiwa dan sikap kesetiakawanan sosial.

Penetapan TMII sebagai Wahana Pembentukan Jiwa dan Sikap Kesetiakawanan Sosial ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Mensos.

Mensos juga tampak menikmati pekan budaya yang menampilkan berbagai kegiatan seni dari berbagai daerah seperti Solo Batik Karnival serta melihat pameran batik Pekalongan.  (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here