WAPRES: Olahraga Berprestasi Tetap Masuk Asian Games

348
Wakil Presiden Jusuf Kalla (google images)

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Indonesia tetap akan memasukkan cabang olahraga yang mayoritas dan kemungkinan berprestasi dalam Asian Games 2018.

“Itu memang hak tuan rumah selalu, paling tinggi dua sampai tiga cabang olahraga,” kata Wapres di Jakarta, Rabu.

Sebelumnya pada Selasa (18/4) Wapres menjamu makan malam perwakilan Komite Olimpiade Asia (OCA) di rumah dinas Wapres, membahas penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Menurut Wapres, hasil pertemuan dengan pihak OCA sangat baik dan OCA mengakomodir banyak kepentingan Indonesia sebagai tuan rumah seperti terkait anggaran yang didukung OCA.

Terkait pengurangan cabang olahraga yang disetujui OCA, Kalla mengatakan akan diseimbangkan seluruh cabang olahraga karena menyangkut kepentingan Asia Selatan, Asia Tengah.

“Harus adillah semua. Seluruh wilayah Asia ini masing-masing ada olahraga favorit disitu masuk,” kata Wapres Kalla.

Olahraga yang wajib itu hanya olimpiade Riau yaitu 28 cabang olahraga dan selebihnya diseimbangkan antara wilayah-wilayah Asia dan tentu kepentingan Indonesia, katanya lagi.

Pada kesempatan terpisah Ketua INASGOC Erick Thohir mengatakan OCA telah mengetahui cabang olahraga yang akan diselenggarakan Indonesia pada Agustus 2018 berjumlah 36 cabang.

Meskipun demikian, Erick menambahkan bahwa OCA belum meresmikan jumlah cabang olah raga dalam Asian Games 2018 yang semula 42 menjadi 36 cabang olahraga.  (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here