Wayang Bambu Hibur Pengunjung Pusat Perbelanjaan

386
Wayang Bambu di Botani Square (google images)

Memperingati HUT Kodam III/Siliwangi ke-71 Yayasan Bakatul menyelenggarakan pertunjukan wayang bambu di pusat perbelanjaan Botani Square, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu malam.

Kehadiran Wayang asli Bogor tersebut menghimbur pengunjung pusat perbelanjaan, mengangkat kisah kekinian berkaitan dengan NKRI, penyalahgunaan narkoba serta peran TNI dalam menjaga persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.

“Untuk pertama kalinya pertunjukkan wayang bambu tampil di Mall, kami ingin memperkenalkan Wayang Bambu sebagai wayang asli Bogor kepada masyarakat luas,” kata Wakil Ketua Yayasan Bakatul, Gatut Sutanta.

Yayasan Bakatul bekerjasama dengan Kodim 0606/Kota Bogor menggelar pertunjukan Wayang Bambu yang dibawakan oleh dalang Ki Drajat Iskandar dengan mengangkat tema “Dengan Budaya Kita Berdaya”.

“Wayang Bambu hanya ada di Bogor, Budayawan dan TNI bersatu melestarikan budaya. Kami menyasar anak-anak muda, maka itu wayang bambu hadir di mall,” katanya.

Setiap pekannya, Wayang Bambu akan tampil di sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di enam kecamatan Kota Bogor. Tercatat ada sekitar pusat perbelanjaan yang akan menampilkan pertunjukan wayang bambu khas Bogor.

Wayang Bambu merupakan kesenian wayang khas Bogor yang terbuat dari bambu. Kisah cerita yang dibawakan berbeda dengan wayang lainnya yang mengisahkan tentang Ramayana dan Mahabharata.

“Di Bogor wayang bambu tentang cerita rakyat di tataran Pasundan, baik itu kisah Prabu Siliwangi maupun kesultanan setelah kerajaan Islam masuk ke daerah Jawa Barat. Bahkan¬† cerita yang diangkat merupakan isu yang terjadisaat ini,” kata Gatut.

Sanggar seni wayang bambu dibentuk oleh Ki Drajat Iskandar tahun 2000 lalu sebagai wadah perkumpulan para seniman untuk bersama-sama memfokuskan diri melestarikan kesenian wayang bambu.  (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here