Tips Buat Kalian Pengguna Angkutan Umum

309
Tampilan Sewajarnya Saat Menaiki Angkutan Umum (google image)

Baru – baru ini dunia maya dihebohkan dengan adanya aksi penodongan yang terjadi pada angkutan umum ya BogorNetizen, dengan mengharuskan polisi menembakan pistol kepada pelaku untuk melumpuhkannya. Nah, disini kita mau bagi beberapa tips buat kalian yang suka bepergian dengan angkutan umum :

1.  Berpenampilan Sewajarnya

Hal ini merupakan yang paling penting, karena bila anda memakai perhiasan atau dandanan yang berlebihan itu akan membuat diri kalian sebagai pusat perhatian yang tentunya bisa memicu tindak kejahatan. Untuk para wanita khusunya, hindarilah memakai pakaian yang minim dan ketat karena itu juga bisa memicu terjadinya tindak kejahatan seksual.

2. Bawa Barang Bawaan Seperlunya

Minimalisir pembawaan barang bawaan yang berlebih, itu karena akan merepotkan anda sendiri dan membuat penumpang lain menjadi risih. Tapi pada angkutan tertentu seperti kereta, sekarang sudah ada batas maksimal pembawaan barang yang pastinya cukup efektif. Karena pada saat kalian membawa barang bawaan yang banyak, itu akan membuat kalian hanya fokus pada barang yang kalian bawa tetapi menjadi lengah pada diri sendiri.

3. Jangan Terlalu Sibuk dengan Gadget

Pelaku kejahatan bisa berada dimana saja, bahkan bisa saja berada disamping kita. Biasanya para pelaku tindak kriminal mengincar terlebih dahulu apa yang tengah si calon korban genggam atau ada pada tangannya karena itu mudah sekali untuk di jambret, seperti gadget atau handphone dan perhiasan yang digunakan.

4. Usahakan Tidak Sendirian

Hal ini juga merupakan salah satu tujuan dari para penodong, itu karena mereka berfikir kita dalam kondisi sendiri sehingga mudah untuk ditaklukan. Apalagi dimalam hari hal ini sangat tidak disarankan terutama bagi wanita, seandainya juga kalian terpaksa pergi sendirian pilihlah kendaraan yang ramai atau duduk disamping supir bila naik angkot.

5. Jangan Sampai Tertidur

Nah ini merupakan kesempatan emas yang paling ditunggu oleh para pelaku tindak kriminal, karena pada saat anda tertidur anda tidak akan sadar apa yang terjadi dan tentunya akan memancing hal yang tidak diinginkan.

6. Hindari Menerima Makanan atau Minuman dari Orang yang Baru dikenal

Kita tidak pernah tau apakah si orang itu telah mencampurkan sesuatu yang akan membuat kita tidak sadarkan diri atau apapun itu. yang pasti ketika kita lengah atau tidak sadarkan diri si pelaku akan dengan mudah mengamnil barang berharga milik kita.

Jadi itu dia tadi BogorNetizen beberapa tips buat kalian, apalagi Kota kesayangan kita ini dijuluki dengan kota sejuta angkot ya. Intinya sih selalu berhati – hati dan semoga kejadian seperti kemarin itu tidak akan terulang kembali ya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here