Hasil Tes Kebugaran Bima Arya Lebih Baik

407
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menjalani tes kebugaran bersama seluru pejabat dan lurah se Kota Bogor, di Lapangan Sempur, Jumat, hasil tes menunjukkan tingkat kebugaran baik sekali atau sangat bugar. (google images)

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menjalani tes kebugaran bersama seluru pejabat dan lurah se Kota Bogor, di Lapangan Sempur, Jumat, hasil tes menunjukkan tingkat kebugaran baik sekali atau sangat bugar.

Bima mampu menyelesaikan 4,5 putaran dalam waktu kurang dari 10 menit, dan masih mampu melanjutkan lari lebih dari lima putaran.

“Hasil tes kebugaran Pak Wali Kota selalu baik, karena memang dianya rutin berolahraga,” kata petugas Dinas Kesehatan yang mencatat hasil tes kebugaran Bima Arya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Usmar Hariman menyelesaikan 4,5 putaran dengan cara berlari memiliki catatan waktu 11 menit. Dengan usianya yang 54 tahun, tingkat kebugaran masuk kategori baik.

“Tahun lalu catatan waktu saya 13 menit, tahun ini naik jadi 11 menit, hasilnya semoga lebih baik,” kata Usmar.

Menurut Usmar, kondisi kebugarannya jauh dibawah Wali Kota Bima Arya. Selain perbedaan usia, juga Wali Kota rajin berolahraga sehingga kondisi tubuhnya selalu terjaga.

“Pak wali jauh lebih bugar dari saya, usianya juga lebih muda. Apalagi dia rajin lari,” kata Usmar.

Usmar rutin olahraga setiap Sabtu, berlari mengelilingi Taman Kresna sebanyak 15 putaran. Selain itu, setiap Senin dan Kamis berpuasa sunnah.

“Tapi godaan habis olahraga luar biasa, di Taman Kresna itu, banyak yang dagang, jadi setelah olahraga, makan Soto Kuning, combro, jadi godaanya berat,” kata Usmar.

Hasil serupa juga diperoleh Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat, dengan usia diatas 50 tahun mampu menyelesaikan 4,5 putaran dengan catatan waktu 15 menit. Hasil tes menunjukkan tingkat kebugarannya cukup.

Ade juga rutin berolahraga setiap minggu main bulu tangkis. Sekali main sebanyak dua set, terkadang olahraga tenis.

“Kalau libur saya main golf, rutinnya badminthon dan tenis,” kata Ade.

Untuk menjaga pola hidup sehat dan tetap bugas, Ade mengurangi gula, membiasakan diri minum kopi pait, dan mengkonsumsi buah lebih banyak.

“Istri rutin menyiapkan setiap pagi sarapan buah, ini baik buat kesehatan. Apalagi sekarang saya coba kopi herbal mengurangi gula,” katanya.

Sebanyak 114 PNS di lingkungan Pemerintah Kota Bogor menjalani tes kebugaran dalam rangka mengetahui kondisi kesehatannya guna mendukung kinerja di lapangan. Pemeriksaan kebugaraan telah dirutin sejak tahun lalu.

Hasil dari tes tersebut, PNS yang kurang bugar direkomendasikan untuk menjaga pola hidup sehat, rutin beraktivitas fisik agar tubuh tetap sehat dan bugar. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here