Pemkot Bogor Bagikan Paket Sembako Untuk Lansia

300
Pemerintah Kota Bogor Provinsi Jawa Barat membagikan paket sembako kepada ratusan warga lanjut usia (lansia) dalam rangka Program Peduli Masyarakat Lanjut Usia di Kantor Dinas Sosial Kota Bogor, Selasa. (kotabogor.go.id)

Pemerintah Kota Bogor Provinsi Jawa Barat membagikan paket sembako kepada ratusan warga lanjut usia (lansia) dalam rangka Program Peduli Masyarakat Lanjut Usia di Kantor Dinas Sosial Kota Bogor, Selasa.

Bantuan diserahkan langsung oleh Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Bogor Azrin Syamsudin.

“Bantuan sembako ini merupakan program Pemerintah Kota Bogor dalam rangka kepedulian terhadap lansia agar tetap bahagia di hari tua,” kata Azrin.

Azrin menyebutkan total ada sekitar 1.500 lansia di Kota Bogor yang tercatat di setiap kelurahan dan kecamatan. Angka tersebut berfluktuatif seiring bertambahnya angka harapan hidup di Kota Bogor.

Setiap tahun, lanjutnya, Dinas Sosial Kota Bogor memberikan pelatihan dan pendampingan kepada lansia agar hidup produktif di hari tua, dan tidak menjadi beban keluarga ataupun negara.

“Sebelum Ramadhan, kami melakukan Senam Lansia untuk olah fisik agar Lansia tetap sehat, dan ada program pelatihan pembuatan jamu, dan lain sebagainya,” kata Azrin.

Lansia adalah seorang individu yang mencapai kematangan usia, dan ditandai dengan penurunan fungsi organ tubuh, dimulai dari usia 67 sampai 70 tahun.

“Dinsos berupaya memberdayakan Lansia agar bisa hidup bersosial dan mandiri,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan membantu lansia bukan hanya sekedar program saja. Tetapi dalam ajaran Islam, mengasihi dan menyayangi orang tua merupakan kewajiban.

“Wajib hukumnya menyayangi dan menghormati orang tua. Tidak ada anak yang sukses tanpa restu dari orang tua. Barang siapa yang mau sukses harus menyayangi orang tua. Tidak boleh lupa sama orang tua,” kata Bima.

Bima menyebutkan banyak program yang disiapkan oleh Pemerintah Kota Bogor dalam membantu lansia agar menjadi individu yang produktif dan mandiri. Dari sisi kesehatan, Dinas Kesehatan mendorong agar seluruh lansia terjangkau layanan BPJS Kesehatan.

Dari sisi sosial, melalui Dinas Sosial diberikan pelatihan, pembinaan dan juga pembagian sembako seperti yang dilakukan Selasa ini.

“Pemerintah Kota Bogor juga akan membangun Taman Lansia, serta Kampung Lansia, tidak ada cerita lansia tidak bahagia karena Bogor ingin menjadi Kota Ramah Lansia,” kata Bima. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here