Wayang Golek Awali Perayaan Hari Jadi Bogor

415
Wayang Golek di Balaikota Bogor (kotabogor.go.id)

Rangkaian perayaan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-535 dimulai dengan pertunjukan Wayang Golek tingkat Kota Bogor yang akan berlangsung di Plaza Balai Kota pekan ini.

“Pagelaran wayang golek di Balai Kota salah satu rangkaian HJB yang akan digelar dalam waktu dekat ini,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, di Bogor, Selasa.

Ia menyebutkan pertunjukan Wayang Golek rutin digelar setiap HJB di Balai Kota. Tahun ini akan dilaksanakan pada Sabtu (8/7) pekan ini.

“Wayang Golek akan menampilkan dalang Dadan Sunarya merupakan anak Almarhum Asep Sunarya dalang kenamaan Kota Bogor,” katanya.

Shahlan menyebutkan, HJB yang jatuh pada tanggal 3 Juni yang lalu bertepatan dengan bulan Ramadhan. Sehingga, rangkaian perayaan diundur pelaksanaannya di bulan Juli.

Memasuki bulan Juli, panitia HJB telah menyiapkan sejumlah agenda perayaan untuk menghibur warga dan memeriahkan HUT Bogor ke-535. Selain itu, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

Ia menyebutkan, setelah wayang golek, akan dilanjutkan dengan Pawai Budaya “Heularan” yang akan menampilkan beraga atraksi seni dan budaya dari Sunda dan wilayah lainnya.

“Heularan akan diikuti ribuan pendukung, akan ada mobil hias,” katanya.

Shahlan menambahkan untuk pelaksanaan Heularan masih menunggu kepastian rute yang akan dilalui karena ada dua pilihan rute yang sedang ditentukan.

Rute pertama sama seperti tahun lalu yakni melintas Jl Sudirman dengan start dari Gor Pajajaran dan berakhir di Lapangan Sempur.

“Rute kedua ada yang menyarakan mengelilingi sistem satu arah dengan start dari Kampus IPB Baranangsiang,” kata Shahlan. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here