Mendikbud: Revitalisasi SMKN 1 Leuwiliang Rujukan Nasional

658
SMKN 1 Leuwiliang (google images)

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy akan menjadikan program revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Leuwiliang, Bogor oleh PT Astra Internasional Tbk sebagai model kemitraan secara nasional.

“Ini akan menjadi model, salah satu contoh kerja sama pemerintah dan industri yang nyata dan akan kita tindaklanjuti,” kata dia saat meresmikan sekolah SMKN 1 LeuwiliangBogor, Rabu.

Ia mengatakan komitmen yang dilakukan pihak industri terhadap dunia pendidikan perlu ditingkatkan untuk memperbanyak jumlah sekolah berkualitas di Indonesia.

Fokus pemerintah pada revitalisasi menyangkut empat bidang di antaranya kelautan, pertanian, pariwisata dan industri kreatif.

Secara bertahap, kata dia seperti sekolah kejuruan agribisnis di SMKN 1 Leuwiliang bimbingan Astra kini sudah memiliki fasilitas lengkap berstandar industri denganhasil produksi tidak lagi seperti hasil percobaan anak akan perluas ke seluruh Indonesia.

Pembangunan gedung sekolah tersebut yang mencapai Rp24 Miliar diharapkan bisamenghasilkan siswa yang berkeahlian yang berstandar industri.

Ia juga mengatakan Industri dan sekolah diharapkan jauh lebih melekat dengan perubahan kurikulum yang akan diberlakukan selanjutnya 70 persen waktu belajar lebihbanyak di Industri dan 30 persen di sekolah.

Sebab Menurutnya dengan gedung dan fasilitas laboratorium serta tenaga pengajar yang berkualifikasi baik akan lebih meningkatkan kualitas pendidikan siswa secara signifikan.

“Di Indonesia ini salah satu yang terbaik oleh karena itu semoga bimbingan Astra dan industri lainnya untuk terus mengembangkan sekolah yang ada,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur PT Astra Internasional Tbk Bambang Widjanarko Santoso mengatakan Kecamatan Leuwiliang merupakan pusat agropolitan Bogor dengan potensi hasil pertanian yang bisa diolah menjadi bahan makanan menyambut prospek pangan Indonesia yang terus meningkat.

Karena itu, melalui bimbingan yayasan perusahaannya ia berharap sumber daya manusia (SDM) berkualitas dari daerah akan semakin meningkat dan menjadi pelaku usaha yang berkembang.

Bupati Bogor Nurhayanti juga menyatakan sejalan dengan kebijakan pemerintah Kabupaten Bogor program dukungan terhadap sekolah yang dilakukan swasta, khususnya Astra sangat bermanfaat bagi pertumbuhan kualitas SDM di wilayahnya.

Pengembangan SDM dan potensi wilayah dengan pembangunan dunia pendidikan oleh intervensi pihak ketiga akan mempercepat pertumbuhan kesejahteraan masyarakat. (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here