Jangan Abaikan Uban yang Muncul di Bawah Usia 30

439
https://hellosehat.com

Uban atau rambut yang bewarna putih biasanya akan muncul saat kita sudah menginjak usia 40 keatas. Namun, apa penyebabnya kalau uban muncul saat usia kita masih dibawah 30? hal itu bisa menandakan kondisi kesehatan tertentu loh dan penting untuk kita periksakan tanda-tanda munculnya uban untuk menghindari konsekuensi serius. Yuk ketahui penyebabnya. Berikut 5 penyebab uban yang muncul dibawah usia 30:

1. Penyakit jantung

Jika kamu masih muda namun sudah beruban, berkonsultasilah ke dokter jantung, terutama apabila Anda pria. Para ilmuwan juga mengungkapkan bahwa uban sering dikaitkan dengan risiko tinggi penyakit jantung iskemik. Penyakit ini tidak menunjukkan gejala pada tahap awalnya, jadi Anda perlu memperhatikan tanda-tanda yang mengacu pada hal tersebut.

2. Kondisi auto imun atau kelainan imunitas

Penyakit auto imun yang muncul dengan nama alopecia areata dapat menyebabkan munculnya rambut putih cerah. Orang-orang dengan kondisi ini secara bertahap cenderung kehilangan rambut sepenuhnya dari kepala dan tubuh mereka. Inilah salah satu alasan utama untuk tidak pernah mengabaikan munculnya uban di bawah usia 30 tahun.

3. Merokok

Perokok seringkali memiliki uban yang tumbuh lebih cepat dibanding orang lain. Kebiasaan buruk ini juga membuat rambut lebih mudah rontok.

4. Mengalami stres yang berlebihan

Stres dapat memicu pertumbuhan uban di usia muda, untuk itu cobalah alami stres untuk menghindari pertumbuhan uban yang lebih cepat.

5. Kekurangan vitamin D3 dan B12

Untuk menghambat munculnya uban, Anda membutuhkan nutrisi yang cukup. Kekurangan vitamin D3 dapat membuat Anda kehilangan melanin, zat yang memberikan warna pada kulit dan rambut. Hal ini berlaku pula untuk vitamin B12.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here