Polres Bogor Bekuk Pelaku Curas Antar Daerah

174
https://edorusyanto.wordpress.com

Kepolisian Resor Bogor, Jawa Barat membekuk empat orang yang merupakan kelompok pencurian dengan kekerasan (curas) spesialis minimarket antar daerah yang meresahkan warga.

“Mereka sempat melawan tapi tetap berhasil kami bekuk,” kata Kapolres Bogor AKBP Andi M Dicky Pastika Gading saat pengungkapan kasus di Polres Bogor, Senin.

Ia menuturkan dari hasil pengejaran, para pelaku dengan inisial A alias S (21) warga Cikarang yang melakukan aksi dalam toko bersama D (22) beserta S (21) dan MAA (21) sebagai pengemudi motor sebagai pengantar aksi pencurian berhasil tertangkap di luar daerah pada saat berkumpul di sebuah rumah kontrakan daerah Cikarang Kabupaten Bekasi.

Diketahui juga dari keterangan pelaku aksi pencurian kelompok tersebut telah berulang sebanyak tiga kali di dua daerah, yakni di Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor dan Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Salah satunya curas di minimarket Alfamart Jalan Mercedes Baru RT02/RW03 Desa Cicadas Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor dengan total kerugian Rp70 juta.

Kapolres menerangkan, kelompok tersebut biasa melakukan aksi dengan memanfaatkan situasi sepi dini hari kepada minimarket 24 jam.

Lalu pelaku mendatangi toko dan langsung menodong kasir dan karyawan lainnya untuk melakukan pencurian.

Dari tangan pelaku berhasil disita satu senjata api dengan satu peluru, korek api berbentuk senjata api, lima senjata tajam, sepatu, barang curian berupa telepon genggam merek Xiomi dan Samsung seharga kurang lebih Rp8 juta juga sejumlah uang curian.

Pelaku dijerat Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dan diancam pidana penjara paling lama sembilan tahun. .

Oleh sebab itu pihaknya mengimbau sebaiknya agar tidak ada toko minimarket yang buka hingga 24 jam karena akan memancing aksi kejahatan.

“Kalau bisa dari Pemkab juga bisa membuat aturan tentang itu, kecuali lokasinya dekat dengan pos penjagaan keamanan mungkin,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) AKP Bimantoro menambahkan empat pelaku tersebut itu jika dihitung dengan kerugian pencurian toko minimarket sebelumnya di Cikarang lebih kurang telah membawa sebasar Rp150 juta .

Karena menurut data kepolisian pencurian dengan modus yang sama di Cikarang oleh kelompok itu juga membawa uang sebesar Rp80 juta.

“Jadi akan kami awasi kelompok ini, diduga kelompok ini terhubung ke kelompok lain di daerah lainnya juga,” kata dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here