7 Fakta Unik Membuat Anda Ingat Bogor

579

Saat weekend memang asyik buat nongkrong bareng, hangout, refreshingmenikmati eneka wisata kota Bogor. Ketika malam minggu tiba sepanjang jalan Parung – Bogor Nampak tidak pernah sepi dari gerombolan motor Gede (Moge) dan club-club motor lain. Bagi anda yang jarang-jarang mengunjungi kota Bogor, berikut ini adalah 7 fakta unik tentang kota Bogor agar anda dapat mengingat hal menarik dari kota ini.
7 fakta menarik kota Bogor.
• Kota Hujan

Salah satu image yang melekat dengan kota Bogor adalah julukan “kota hujan”. Mengapa dinakmakan kota hujan ?
sebab curah hujan yang cukup tinggi di kota ini terkadang merepotkan banyak orang yang ingin bepergian. Saat pergi kemanapun kamu harus membawa mantel atau jas hujan, jangan sampai tertinggal dirumah. Mantel adalah senjata orang Bogor menghadapi hujan saat bepergian. Sebab seringkali pada saat yang tidak diduga-duga akan turun hujan, jika senjata yang satu ini tidak terbawa maka kamu harus siap-siap basah kuyup diguyur hujan.
Bogor memang memiliki keunikan tersendiri soal hujan. Tiba-tiba hujan dan dalam waktu yang cukup singkat pula akan berhenti, dan tidak jarang terjadi hujan lokal hanya satu kampung. Misal satu kampung di Bogor diguyur hujan lebat, bisa jadi kampung kampung sebelah tidak turun hujan, padahal jaraknya berdekatan. Saat kamu berkendara kemudian hujan lebat tiba-tiba mengguyur, lalu menggunakan jas hujan dan melanjutkan perjalanan. Apa yang terjadi setelah 10 menit berjalan ? ternyata hujan berhenti. Kamu tidak perlu lagi menggunakan mantel. Saat kamu melepasnya dan melanjutkan perjalanan kembali 10 menit kemudian tiba-tiba hujan kembali. Wusss…
Ya itulah fakta tentang hujan “kota hujan” Hujan lokal.

• Kota Seribu Angkot

Tidak heran lagi, sudah menjadi rahasia umum kota Bogor ternyata punya kebanggaan tersendiri selain sebagai kota hujan juga mempunyai julukan lain sebagai kota seribu angkot. Meskipun sedikit ber-imagenegatif namun itulah fakta yang terjadi.Bertambahnya jumlah angkot di kota Bogor yang semakin hari semakin menggila membuat pemerintah daerah pusing mengatasinya.
Persoalan angkot yang ngetem berlama-lamaan dengan posisi di pinggiran jalan banyak mengakibatkan kemacetan. Tidak heran kemacetan kota Bogor hampir bersaingan dengan kemacetan Jakarta. Membutuhkan waktu sedikit molor jika menggunakan moda transportasi yang satu ini. Agar tidak terlambat sebaiknya berangkatlah lebih awal dari waktu biasa.
• Udara sejuk

Bogor adalah kota yang dikenal memiliki udara sejuk. Meskipun tidak semua daerah Bogor sejuk namun jumlah pohon di kota ini terbilang masih cukup banyak. Sejak dahulu kota ini telah menjadi incaran para wisatawan asing dan lokal. Letak lokasi yang berdekatan dengan ibu kota menjadi tempat vaforit berlibur akhir pekan, untuk melepaskan kesumpekan dari pekerjaan dengan menikmati udara pagi kota Bogor.
Kota Jakarta yang selama ini selalu panas menjadi alasan mereka berwisata akhir pekan ke Bogor. Bahkan banyak dari mereka yang memiliki rumah ke dua di Bogor alias villa kecil-kecilan.
• Kijang di Istana Bogor

Istana Bogor menjadi salah satu ikon penting kota Bogor. Tidak kalah terkenalnya, ribuan kijang yang hidup bebas di sekitar halaman istana yang luas itu. Kalau kita berjalan-jalan disekitar jalan raya akan terlihat banyak orang dari balita hingga lansia yang memberikan makan pada kijang dengan wortel, sayur-sayuran, dan dan makanan ringan. Memberi makan kijang menjadi hiburan paling murah alias gratis karena dapat dilakukan dari luar pagar.
Pada saat akhir pekan pemandangan ini akan semakin ramai, bahkan terkadang membuat macet jalanan.
• Wisata Kuliner

Ada bermacam-macam makanan khas kota Bogor yang terkenal kelezatannya seperti Roti Unyil/Roti Venus, Asinan Bogor, Talas Bogor, Manisan Pala, Es Pala. Aneka ragam masakan tersebut menjadikan kota Bogor dikenal wisata kulinernya. Bagi kamu yang hanya berkunjung sekali waktu ke Bogor belilah oleh-oleh khas yang dapat ditemukan di took-toko di pinggir jalan.

• Museum Zoologi dan Kebun Raya

Museum zoology merupakan salah satu ikon cukup terkenal bagi kota Bogor. Museum zoology sekaligus Kebun Raya adalah citra yang membangun kota Bogor. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Bogor tidak mampir ke dua tempat ini.
Bogor memang memiliki potensi pertanian yang amat baik. Kebun Raya Bogor memiliki hubungan sejarah panjang yang menunjukkan betapa suburnya pertanian Bogor. Sedangkan museum zoology adalah museum tertua di kota Bogor.Museum Zoologi banyak menyimpan koleksi spesies hewan-hewan awetan yang amat menarik, salah satunya adalah kerangka ikan Paus Biru yang merupakan hewan mamalia terbesar yang ada di Bumi.
• Potensi Alam

Potensi alam yang masih asri kota Bogor sangatlah banyak. Misalnya Curug Nangka, Curug Seribu, Curug Ciganea. Kawasan Wisata Gunung Salak adalah tempat paling ideal untuk melaksanakan aktivitas wisata petualangan seperti hiking, bersepeda, dan berkemah. Tempat-tempat ini sangat di baik untuk dikunjungi pada akhir pecan dan liburan sekolah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here