Bahaya Meniup Makanan Dan Minuman Yang Masih Panas

265

kebiasaan kita adalah makan dan minum dalam kondisi yang masih panas, terkadang kita suka ingin terburu-buru , kita akan meniup makanan atau minuman agar cepat dingin. Tahukah kamu? Apabila makanan dan minuman yang sering ditiup itu akan berdampak berbahaya bagi kesehatan tubuh? Mari kita simak dibawah ini :

 

1. Asam Karbonat

 
Asam karbonat atau H2C03 adalah senyawa kimia yang sebenarnya sudah ada didalam tubuh kita, bagian tersebut berfungsi untuk mengatur kadar keasaman darah. Pada normalnya darah memiliki batasan kadar keasaman atau Ph yakni 7,35 – 7,45. Jika kadar keasaman ini lebih tinggi dari ph normal maka tubuh dapat berada dalam kondisi asidosis. Kondisi asidosis sendiri cukup berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan gangguan jantungan ditandai dengan nafas menjadi lebih cepat,sesak,pusing karena tubuh berusaha menyeimbangkan kadar ph darah.

 
2. H.Pylori

 
Bakteri H.Pylori adalah bakteri yang menyebabkan gangguan lambung mulai dari luka kecil hingga membesar menjadi tukak lambung. Yang mengerikan lagi, Bakteri ini mudah menyebar melalui pernafasan.

 

3. Mikroorganisme

 
Banyak sekali virus yang juga bias tersebar. Sebut saja virus TBC, virus berbahaya yang terkadang tak disadari oleh seseorang yang mengidapnya yang akan dengan mudah menular melalui pernafasan yang intens. Sedangkan makanan atau minuman adalah sesuatu yang jelas akan masuk kedalam tubuh kita.

 

4. Hadis Nabi Muhammad Saw dibawah ini, Tentang larangan meniup makanan dan minuman yang masih panas.

 

Hadis dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu:

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang bernafas di dalam gelas atau meniup isi gelas. (HR. Ahmad 1907, Tirmidzi 1888, dan dishahihkan Syuaib Al-Arnauth).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here