Pada Zaman Dahulu, Indonesia Mempunyai Pengetahuan Tentang Berlayar Yang Cukup Hebat

324

Pengetahuan astronomi lebih dibutuhkan oleh para pelaut Indonesia. Setiap daerah memiliki kebudayaannya yang berbeda-beda dalam melihat arah angin untuk pelayaran. Ada masyarakat yang hanya mengetahui dua jenis angin, yaitu darat dan laut. Ada pula masyarakat yang membedakan angin sesuai penjuru mata angin.

 
Perbedaan pemahaman mengenai penentuan arah mata angin tersebut memperlihatkan taraf kemajuan dan perkembangan pengetahuan navigasi di setiap daerah di Indonesia berbeda. Masih banyak masyarakat yang berlayar secara tradisional dengan pengetahuan navigasi yang didapat secara turun temurun. Ada pula yang dapat menentukan arah dengan melihat bentuk awan, pantulan cahaya matahari, warna air laut, arah arus air, hingga mereka yang mengandalkan penciuman mereka.

 

 

Hingga abad ke-20, sebenarnya para pelaut dari Indonesia sudah mengenal peta dan kompas. Akan tetapi banyak dari mereka yang memilih untuk tidak menggunakannya. Peta hanya mereka simpan di sebuah bambu, dan dikeluarkan ketika benar-benar dibutuhkan saja. Langit yang cerah, serta pulau-pulau sudah cukup menjadi petunjuk bagi para pelaut Indonesia menentukan arah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here