Tahukah Kamu, Untuk Menjadikan Indonesia Negara Maju Dibutuhkan Minimal 2 Persen Yang Berprofesi Sebagai Wirausahawan

273

Syarat menjadi negara maju adalah memiliki enterpreneur minimal dua persen dari total populasi. Pada 2013, di Indonesia tercatat ada 1,65 persen wirausaha dari sekitar 200 juta penduduk negara ini. Jumlah ini tentunya masih sangat sedikit, jauh dari yang dibutuhkan.

Mengapa wirausaha penting? Ternyata, pengusaha memiliki kecenderungan untuk terus berinovasi dan memunculkan teknologi baru untuk memenangkan persaingan pasar dan meningkatkan daya saing bangsa. Selain itu, juga menciptakan banyak lapangan kerja sehingga angka pengangguran dapat ditekan. Berkembangnya pengusaha lokal Indonesia akan memperkuat kebutuhan domestik, sehingga dalam jangka panjang dapat mengurangi ketergantungan terhadap pasar luar negeri.

Tidak banyak yang tahu bahwa wirausaha merupakan salah satu sektor bisnis yang penting, bersama dengan korporasi, koperasi, serta finansial dan perbankan. Saat ini yang digerakkan untuk menjadi wirausaha adalah yang usianya masih cukup muda, dengan alasan anak muda memiliki banyak inovasi dan tidak takut untuk mencoba hal-hal baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here