Wow, Pemuda Ini Bernama Mahmudi Fukumoto Yang Berhasil Meraih Kesuksesan Sebagai Pengusaha Di Jepang

1113

Semula kuli kasar di perusahaan kereta api, seorang pria asal Tulungagung, Jawa Timur bernama lengkap Mahmudi Fukumoto ini berhasil meraih kesuksesan sebagai pengusaha dan CEO di Jepang.
Mahmudi Fukumoto adalah salah seorang WNI diaspora yang menjalani perjuangan hidup dari bawah. Pemuda desa asal Tanen, Rejotangan, Kabupaten Tulungagung, itu berhasil mendirikan perusahaan Keihin Co Ltd yang bergerak di bidang subkontraktor dan agen perjalanan di Negeri Sakura, yang konon susah “ditaklukan” orang asing.

 
Sebagai warga pendatang, Mahmudi mengaku tidak mudah membangun bisnis di Jepang.
Pria 39 tahun tersebut mengisahkan awal mulanya dirinya menginjakan kaki di Jepang. Lulus SMA, ia pun langsung merantau ke Pulau Dewata 1998, Di sana, dia mengikuti kursus Bahasa Jepang.
Ternyata, melalui kursus Bahasa Jepang tersebut, Mahmudi malah bertemu jodoh. Teman guru kursusnya yang asli Jepang bernama Noriko Fukumoto menaruh perhatian kepada dirinya. Mahmudi pun menikah dengan Noriko yang lantas memeluk Islam.

 
Sampai di Kota Kawasaki, Mahmudi tinggal di rumah mertua. Karena tidak ingin sekadar menumpang, dia berkerja. Pekerjaan apa pun dia lakoni. Mulai menjadi petugas cleaning service, kuli kasar di rel kereta api, kuli bangunan, dan sempat berkerja di hotel.

Ketika berkerja menjadi kuli kasar di perusahaan kereta api, ayah dua putri tersebut berteman baik dengan salah seorang pekerja yang kala itu usianya sudah sepuh, hampir 60 tahun. Rekannya tersebut ternyata adalah mantan bos suatu perusahaan. Karena perusahaannya bangkrut, dia terpaksa menjadi kuli kasar.

 
Dari pertemanan tersebut, Mahmudi pun memperoleh ide serta keberanian untuk mendirikan perusahaan sendiri. Dia pun mengajak serta rekannya tersebut. Pada 2007, dia mendirikan perusahaan yang diberi nama Keihin Co Ltd. Di situ, dia menjadi owner dan rekannya ditunjuk sebagai direktur utama (Dirut). Dia pun tidak ingin berpuas diri hanya dengan perusahaan subkontraktornya yang kerap menangani pabrik-pabrik minyak seperti Pertamina di Jepang. Tidak lama setelah Keihin Co Ltd sukses, ayah Fukumoto itu memperlebar usahanya dengan membuka anak perusahaan berupa agen perjalanan Keihin Tour.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here