Hindari Posting Hal-Hal Berikut untuk Keamanan Data Anda

84

Media sosial sudah menjadi panggung eksistensi bagi setiap orang, walaupun bersifat akun pribadi namun secara tidak langsung itu sudah menjadi konsumsi publik. Untuk melindungi data pribadi, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam hal memposting. Diantaranya:

  1. Berbagi konten Internet

Mudah sekali untuk kita berbagi link dari sebuah situs web yang akan mengundang perhatian semua orang, namun perlu diingat siapa yang akan memperhatikan dan bagaimana reaksinya? Jika seseorang tersebut menyukai hal yang berhubungan dengan menjatuhkan rezim yang represif misalnya, akan sangat mungkin jika rezim tersebut tertarik dengan kita dan kemudian mengincar data kita.

  1. Hal mengandung politik

Sebagai netizen atau pemilik akun memang memiliki kebebasan untuk berpendapat, namun perlu diingat bahwa ada undang-undang tentang informasi elektronik yang mengatur batasan-batasan dalam berpendapat, termasuk banyaknya postingan berbau politik turut mempostingkan atau membagikan justru dapat merugikan jika kita termakan oleh isu-isu yang tidak benar.

  1. Boarding Pass

Memposting rencana perjalanan itu suatu hal yang mungkin tidak berbahaya, berbeda denganĀ  memposting foto boarding pass pada media social sebaiknya dihindari, karena keamanan komputer dan data pribadi bisa membuat data penumpang tersebar. Bisa jadi orang jahat di luar sana bisa meretas dan mengakses data perjalanan, nomor telepon, tanggal lahir, bahkan data paspor.

  1. Pekerjaan yang tidak dilindungi hak cipta

Siapa yang tak bangga dengan hasil karya yang telah dibuat, rasanya ingin sekali memposting dan memberitahu semua orang. Namun perlu di ketahui, sebelum karya kita diterbitkan secara resmi. Jangan terfikir untuk mempostingnya pada media social, bisa jadi akan digunakan oleh tangan-tangan jahil yang mengaku-ngaku hasil karya dirinya. Apalagi, jika karya tersebut ingin diikut sertakan dalam kompetisi

  1. Memposting keterangan pribadi

Hal yang terbesar yang mungkin terjadi adalah penipuan identitas, seperti kita ketahui bahwa situs jejaring social meminta kita untuk mendata diri untuk memudahkan pengguna lain menemukan dan menghubungi kita. Semakin banyak informasi yang kita ungkapkan di intenet, semakin mudah bagi pemerintah untuk mengidentifikasi dan memonitor kegiatan kita.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here