Yuk Kenali Ciri-Ciri Komputer anda Sudah Terinfeksi Malware

83
Kenali ciri-ciri komputer anda sudah terjangkit malware

Penyebab rusaknya jaringan komputer disebabkan oleh virus dan malware, jika didiamkan dalam waktu jangka pendek tidak akan berasa efeknya namun lama kelamaan akan merusak hardware, karena bisa jadi komputer akan mengalami overheat atau panas yang berlebih lantaran virus memaksakan kinerja komputer.

Untuk mengetahui komputer anda terinfeksi malware atau tidak, berikut ciri-cirinya :

  1. Memori yang menyusut pada drive secara tiba-tiba tanpa mengcopy atau menginstal aplikasi baru, hal ini disebabkan oleh virus yang sudah menginstal dirinya sendiri sehingga memakan banyak RAM komputer.
  2. Kerusakan atau corrupt yang dialami oleh file, biasanya virus ini secara sengaja menghilangkan atau mereplace file default yang akan mengalami gelaja missing file. Ketika file sudah hilang, yang dapat dilakukan adalah melakukan restore total agar file bisa kembali.
  3. File hilang atau ter-hidden mungkin sudah banyak yang mengalaminya. Dengan mudahnya virus menghilangkan atau menyembunyikan file yang terdapat di dalam hardisk. File akan terdeteksi ketika melakukan scanning file.
  4. Komputer mengalami self restart atau mati mendadak, bahkan efek lainnya adalah komputer yang sering hang. Biasanya jika sudah begini virus sudah mulai menjangkit banyak jaringan komputer
  5. Antivirus yang mendadak off, virus yang pintar dapat melakukan non-aktifasi antivirus. Dengan kemampuannya virus dapat membuat antivirus yang terinstal mati tiba-tiba. Yang lebih mengerikan komputer anda sudah tidak bisa mengaktifkan kembali proteksi dari antivirus tersebut.
  6. Kemunculan file aneh di dalam komputer, file ini akan muncul tanpa anda sadari. File tersebut berextensi .EXE .CONF .DLL dan masih banyak lagi.
  7. Munculnya shortcut tidak di kenal secara tiba-tiba di halaman deskstop, jangan terpancing untuk mengkliknya karena bisa jadi itu adalah virus
  8. Hal yang paling sering terjadi adalah terinstalnya aplikasi yang tidak di kenal dan sangat sulit untuk di uninstall. Jangan mudah untuk menginstal aplikasi yang mencurigakan

Nah, jika kalian merasakan hal-hal tersebut pada perangakat kalian, kalian perlu curiga bahwa komputer yang kalian gunakan sudah terjangkit malware. Agar data kalian tetap aman jangan lupa pasang antivirus pada perangkat kalian ya teman-teman 😉

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here