Museum Zoologi

images (68)

SEJARAH PERKEMBANGAN BIDANG ZOOLOGI

Berawal   dari sebuah Laboratorium Zoologi Pertanian yang merupakan bagian dari Land’s Plantetuin pada 1894 (sekarang kebun raya Bogor). Kemudian berkembang menjadi unit tersendiri yang khusus bertugas menginventarisasi jenis-jenis fauna yang terdapat di wilayah Indonesia, yang pada saat ini menjadi Museum Zoologi Bogor yang dibangun pada 1901 sampai sekarang tidak mengalami perubahan dan menjadi salah satu gedung cagar budaya Kota Bogor. Museum ini dikelola oleh Pusat Penelitian Biologi-LIPI Bidang Zoologi. Koleksi utama museum ini yakni keanekaragaman fauna Indonesia yang terdiri dari jenis-jenis serangga, molusca, ikan, reptil, amibia, burung dan mamalia. Jumlah keseluruhan koleksi di Museum Zoologi bogor yakni 1372 contoh fauna.

 

Selain menampilkan koleksi fauna yang diawetkan, museum ini juga menjadi sebuah lembaga besar yang meliputi penelitian zoology. Bahkan sejak Agustus 1997 museum yang dibawah naungan Pusat Penelitian Biologi-LIPI ini sudah memiliki Gedung Widyasatwaloka di Cibinong, yang merupakan gedung untuk penelitian satwa.

Saat ini Museum Zoologi sering dikunjungi oleh kalangan sekolah, karena apa yang ditampilkan dalam museum ini memiliki nilai pengetahuan yang berguna untuk menambah ilmu. Tapi bukan berarti dari kalangan umum nggak boleh berkunjung, Anda bersama keluarga pun bisa ke sana. Jadi nggak ada salahnya jika mengajak keluarga Anda berwisata pengetahuan dengan mengunjungi Museum Zoologi,Museum ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia yang memiliki ruang seluas 1.500 m2. Koleksi yang ada dalam museum ini hanyalah sebagian kecil dari koleksi ilmiah spesimen binatang yang disimpan di bidang zoologi yang terletak di cibinong Science Centre. Museum Zoologi ini terletak di Jalan Ir Juanda Kota Bogor berada di sebelah kiri pintu masuk utama Kebun Raya Bogor.   selain tempat wisata, tempat ini dijadikan tempat belajar dimana didalamnya terdapat fosil hewan-hewan langka atau sudah punah, di antaranya kerangka dinosaurus yang sudah membatu, 10.000 jenis serangga yang telah di awetkan,600 jenis reptil dan ikan, 650 jenis mamalia, 1100 jenis unggas dan 700 jenis invertebrata lainnya yang tentunya sudah punah tetapi diawetkan agar masyarakat pada umumnya dan pelajar khususnya mengetahui hewan-hewan pada zaman dulu yang ukuranya pun relatif besar. Intinya, tempat ini sangat menarik dan bermanfaat untuk dijadikan tempat wisata dan juga sebagai sarana ilmu pengetahuan.   Museum seluas 1.500 m2 ini merupakan pameran ilmiah dari berbagai jenis fauna Indonesia. Jumlah binatang yang dipamerkan di museum ini sekitar 2.000 jenis yang disajikan dalam sekitar 75 kotak dan 60 vitrine. Koleksi museum antara lain terdiri dari bermacam-macam offset binatang yang ada di indonesia, juga terdapat kerangka ikan paus biru “balanoptera musculus” terbesar di Indonesia.

Alamat:
MUSEUM ZOOLOGI BOGOR
(KEBUN RAYA BOGOR)
Jl. Ir. H.Juanda
Bogor

 

Jam Kunjungan:
Senin-Kamis 08.00-16.00
Jumat 08.00-11.30  13.00-16.00
Libur 08.00-17.00

 

Tiket:
Tiket Kebun Raya Bogor Rp 9.500 sudah termasuk tiket masuk Museum Zoologi Bogor

(0/5)
Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


7 × = 14

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>