10 Olahan Mie Dari Berbagai Negara

372
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Mie merupakan makanan yang bisa dianggap sebagai makanan sejuta umat dikarenakan hampir semua kalangan senang dengan berbagai olahan berbahan dasar mie.

Misalnya saja, di Indonesia terkenal dengan olahan Mie Aceh, Mie Ayam, Mie Goreng, dan lain-lain. Di berbagai negara lainpun banyak sekali olahan mie yang bisa Anda coba untuk memuaskan keinginan mencoba olahan mie yang baru. Berikut ini adalah berbagai jenis olahan mie dari berbagai negara :

Pho (Vietnam)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Pho merupakan olahan mie khas dari negara Vietnam yang popularitasnya sudah terkenal di berbagai negara lainnya. Bentuk dari mie pho ini pipih dan tipis dengan dilengkapi kuah yang bening dan segar.

Akan tetapi, jangan dulu beranggapan bahwa olahan mie ini memiliki rasa yang hambar dikarenakan kuahnya yang bening. Kuah dari mie pho ini sangat kaya akan rempah-rempah lezat seperti jahe, ketumbar, adas, saus ikan, dan saus hoisin.

Mie ini juga dilengkapi dengan daun kemangi, daun bawang, daun mint, cabai, tauge, dan perasan jeruk nipis. Pho juga bisa dilengkapi dengan bakso dan irisan daging sapi yang akan semakin membuat Anda merasa ketagihan ketika memakannya.

Saimin (Hawaii)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Saimin merupakan olahan mie khas dari negara Hawaii yang memiliki tampilan seperti ramen yang ada di Jepang. Olahan mie ini terdiri dari mie telur, kaldu khas Jepang, bawang daun, dan berbagai jenis isian seperti daging ataupun lainnya yang bisa Anda pilih dan variasikan sendiri.

Saking terkenal dengan kelezatannya dan banyak orang yang menyukainya, salah satu restoran cepat saji ternama dunia yang terletak di Hawaii pun sampai memasukan Saimin kedalam daftar menunya.

Mie Wonton (Hongkong)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Apabila Anda sedang liburan atau jalan-jalan ke Hongkong, jangan lupa untuk mencicipi olahan mie yang diberi nama Mie Wonton khas dari Hongkong ini. Olahan mie ini terdiri dari mie kuning dengan bentuk tipis yang disajikan dengan pangsit rebus, sayuran, dan daging.

Untuk Anda yang Muslim, Anda bisa meminta untuk disajikan Mie Wonton dengan tambahan daging sapi saja dikarenakan mie ini kerap kali disajikan dengan menggunakan daging babi. Yang membuat mie ini menjadi semakin khas dan lezat adalah disajikan dengan pangsit yang khas dan banyak.

Mie Shan (Myanmar)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Mie shan merupakan olahan mie yang terkenal dari Myanmar. Mie yang berasal dari kota Shan ini terkenal hingga ke berbagai penjuru negara lainnya seperti Thailand, China, Laos, dan masih banyak lagi.

Mie ini memiliki tekstur yang lengket dikarenakan terbuat dari beras ketan yang ditanam khusus di kota Shan tersebut. Hidangan mie ini umumnya disajikan dengan menggunakan topping sayuran dan daging ayam atau babi. Apabila Anda sedang berkunjung ke Myanmar, jangan lupa untuk mencicipi mie khas dari negara Myanmar ini.

Pad Thai (Thailand)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Jika Anda sedang berkunjung ke negara Thailand, jangan lupa untuk mencicipi lezatnya olahan mie khas yang diberi nama Pad Thai ini. Hidangan ini sebenarnya mirip dengan kwetiau goreng yang menjadi makanan khas di Indonesia.

Olahan mie ini terdiri dari mie, kucai, tauge, cabai, kacang cincang, jeruk nipis, ketumbar, acar, tahu, telur, kepiting, udang, dan daging ayam.

Walaupun secara kenampakan mirip seperti kwetiau, namun citarasa dari Pad Thai ini cenderung memiliki rasa yang manis dan asam. Pad Thai biasa disajikan dalam keadaan hangat dan bisa dijumpai mulai dari pada pedagang kaki lima hingga restoran bintang lima.

Khua Mee (Laos)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Laos juga memiliki sajian olahan mie khas dari negaranya tersebut. Olahan mie ini diberi nama Khua Mee. Khua Mee biasa disajikan dengan menggunakan bahan dasar mie beras, potongan daging ayam, sapi, atau babi yang dilengkapi dengan berbagai macam potongan sayuran dan juga bawang putih yang membuat aromanya menjadi semakin memikat. Jangan lupa untuk mencicipi Khua Mee ini apabila Anda sedang berkunjung ke Laos.

Mie Ayam (Indonesia)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Siapa yang tak kenal dengan Mie Ayam? Tentunya olahan mie ini sudah sangat familiar sekali di telinga para orang Indonesia dan sudah sangat hafal bagaimana rasanya.

Mie ayam ini merupakan olahan mie lezat khas dari Indonesia yang banyak disukai baik itu oleh orang-orang Indonesia hingga orang-orang luar negeri lainnya. Mie ini terbuat dari mie kuning yang direbus hingga mendapatkan tekstur yang kenyal yang kemudian ditambahkan dengan potongan sayuran yang biasanya merupakan sawri dan tentunya potongan ayam yang sudah diberikan rempah-rempah yang khas.

Rasa dari mie ayam ini akan semakin lezat ketika disiram dengan menggunakan kuah kaldu. Mie ayam ini juga biasanya dilengkapi dengan bakso, pangsit, dan telur. Dikarenakan kelezatannya, tidak heran apabila Mie Ayam masuk kedalam daftar 10 olahan mie dari berbagai negara yang wajib untuk Anda coba.

Mie Aceh (Indonesia)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Selain mie ayam, Indonesia masih punya beragam jenis olahan mie lainnya yang terkenal dengan rasanya yang lezat, gurih, dan nikmat. Olahan mie lainnya yang terkenal dari Indonesia yaitu Mie Aceh. Sesuai dengan namanya, mie ini berasal dari daerah Nanggroe Aceh Darussalam.

Mie ayam dan mie Aceh sudah terkenal di telinga mancanegara dikarenakan kelezatannya yang tidak perlu diragukan lagi. Apabila mie ayam berisi potongan daging ayam, maka mie Aceh biasanya dilengkapi dengan daging kepiting ataupun jenis seafood lainnya yang kemudian disiram dengan kuah pekat nan lezat yang dijamin akan menggugah selera Anda.

Kuy Teav (Kamboja)
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Kuy Teav merupakan olahan mie khas dari Kamboja yang berupa mie pipih yang terbuat dari beras dan disiram dengan menggunakan kaldu gurih.

Penyajian mie ini juga semakin lezat dengan ditambahkannya beragam rempah-rempah seperti bawang merah, ketumbar, lada dan dilengkapi dengan kemangi, jeruk nipis, selada, tauge, dan minyak bawang putih yang membuat mie ini menjadi semakin lezat ketika disantap.

Laksa
sumber gambar: https://www.gotravelly.com

Laksa merupakan olahan mie yang khas dari Malaysia. Mirip dengan olahan mie yang terdapat di Indonesia karena disajikan dengan berbagai rempah-rempah. Tampilan dari mie ini memiliki warna kuning pekat dan biasanya menggunakan kare sebagai kuahnya yang semakin menambah citarasa gurih dari laksa tersebut.

Mie yang digunakan biasanya adalah mie yang berbahan dasar beras. Tidak heran apabila mie ini memiliki rasa yang legit dan tekstur yang kenyal. Mie ini biasanya disajikan lengkap dengan berbagai macam topping seperti tauge, telur, udang, tahu, dan sayuran hijau. Tidak heran apabila laksa masuk kedalam 10 olahan mie dari berbagai negara yang wajib untuk Anda coba dikarenakan rasanya yang lezat dan mudah untuk dijumpai.

sumber: https://www.gotravelly.com/blog/olahan-mie-dari-berbagai-negara/

by Reni1

by sisil angelin

SHARE

Tinggalkan Komentar