11.223 Hewan Kurban Disembelih di Kota Bogor

516
SUmber gambar : https://www.tajuktimur.com/maluku-utara/penyaluran-hewan-kurban-di-masjid-ternate-berkurang/

Dikutip dari laman resmi Pemkot Bogor (kotabogor.go.id)

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Bogor, jumlah hewan kurban yang disembelih se-Kota Bogor mencapai 11.223 ekor. Dari jumlah itu, tercatat sapi yang disembelih sebanyak 2.045 ekor dan kambing berjumlah 9.178 ekor.

“Data tersebut berdasarkan rekapitulasi BAZ Kota Bogor hingga 21 Agustus 2018 dari enam kecamatan yang ada,” ungkap Sekda Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat usai melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha di Masjid Raya Bogor, Rabu (22/8/2018).

Ade merinci, di Kecamatan Tanah Sareal sapi yang dikurbankan berjumlah 605 ekor dan kambing berjumlah 2.052 ekor. Kecamatan Bogor Utara sapi berjumlah 464 ekor dan kambing 2.241 ekor. Kecamatan Bogor Barat ada 340 ekor sapi dan 1.079 ekor kambing. Kecamatan Bogor Timur ada 175 ekor sapi dan kambing 1.097 ekor. Lalu di Kecamatan Bogor Tengah terdapat 182 ekor sapi dan 914 ekor kambing. Dan terakhir di Kecamatan Bogor Selatan ada 279 ekor sapi dan 1.795 ekor kambing yang dipotong.

Dalam momentun Idul Adha ini Ade Sarip Hidayat memaknainya dengan meneladani keimanan Nabi Ibrahim, Nabi Ismail dan Siti Hajar. “Dengan penuh ketulusan dan keikhlasan memenuhi atau menjalankan perintah Allah SWT. Jangankan harta, nyawa pun diserahkan dalam rangka hidup dengan ilmu Allah SWT,” kata Ade.

Gambaran yang diperlihatkan Nabi Ibrahim dan keluarganya, kata Ade, harus menjadi rujukan bagi umat muslim. “Tidak ada kata lain bahwa apa yang kita miliki adalah milik Allah SWT, gambaran pengorbanan Nabi Ibrahim dan keluarga mengajarkan kita semua untuk mampu mengorbankan rasa keakuan, hawa nafsu termasuk harta kekayaan yang kita miliki. Saat kita kembali Kepada-Nya, tidak ada yang kita bawa,” bebernya.

Ade berharap, utamanya bagi jajaran birokrat di Pemerintah Kota Bogor, agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat didasari niat tulus ikhlas penuh kesabaran, agar bisa memberikan manfaat bagi kepentingan orang banyak sebagai sesama manusia dan menjadi sebuah rujukan ibadah. (rabas/tria/adt/indra/pri)

SHARE

Tinggalkan Komentar