Kebun Raya Bogor Dipadati 21.045 Pengunjung

621
Pengunjung Kebun Raya Bogor (google images)

Hari ketiga libur Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah/2017, Selasa, Kebun Raya Bogor-LIPI yang berada di Kota Bogor, Jawa Barat dipadati 21.045 orang pengunjung.

“Hari ini, jumlah pengunjung meningkat dari hari sebelumnya, tercatat ada 21.045 orang pengunjung,” kata Petugas Pengawas Pelayaann Jasa Kebun Raya Bogor, Upun Punijar kepada Antara di Bogor.

Upun merincikan, Kebun Raya Bogor telah dikunjungi wisatawan sejak hari pertama Idul Fitri yakni Minggu (25/6) total 4.337 orang. Dari jumlah tersebut didominasi wisatawan domestik, sebanyak 45 wisatawan asing.

Hari kedua libur Lebaran, wisatawan semakin meningkat, yakni mencapai 11.186 orang. Ia memperkirakan jumlah kunjungan Kebun Raya Bogor akan meningkat hingga akhir pekan.

“Karena libur lebaran bersamaan dengan libur sekolah, biasanya banyak yang memanfaatkan dengan berlibur ke Kebun Raya,” katanya.

Menurut Upun, minat masyarakat berlibur ke Kebun raya sudah terlihat sejak pagi sebelum gerbang dibuka, pengunjung sudah berdatangan dari pukul 08.00 WIB.

Alternatif
Pengunjung datang ada yang menggunakan kendaraan pribadi roda empat, dan roda dua, dan kebanyakan pula datang menggunakan angkutan umum.

“Kebun raya jadi alternatif keluarga untuk mengisi liburan,” katanya.

Ia mengatakan rata-rata jumlah pengunjung Kebun Raya Bogor di hari kerja mencapai 1.500 sampai 2.000 orang. Jumlah tersebut meningkat di akhir pekan yakni paling tinggi mencapai 6.000 orang.

Selama bulan Ramadhan, Kebun Raya Bogor sepi pengunjung. Namun, sepekan sebelum bulan puasa, pengunjung memadati Kebun Raya untuk “cucurak”.

“Cucurak adalah tradisi warga Sunda, kumpul bersama anggota keluarga, bersilaturahim dan makan bersama,” kata Upun.

Hari pertama lebara, Kebun Raya Bogor juga dibuka untuk pelaksanaan Shalat Idul Fitri yang diikuti Wali Kota Bima Arya Sugiarto bersama unsur Muspida dan diikuti ribuan warga Kota Bogor.

Usai menunaikan Shalat Idul Fitri, banyak warga memanfaatkan momen untuk bersilaturahim di Kebun Raya seperti pesta kebun, sambil menikmati hidangan lebaran seperti Opor Ayam.  (Antara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here