4 Cara Menjadi Lebih Dewasa dalam Menjalani Hidup

888

Bagaimanapun umur kita memang akan terus bertambah. Seharusnya semakin bertambah umur, semakin bertambah pula kedewasaannya. Sayang, tak semua orang tahu cara menjadi lebih dewasa.

Beragam alasan diutarakan oleh mereka yang belum menjadi dewasa. Ada yang memang tidak tahu caranya, tapi ada juga yang tidak mau menjadi dewasa. Terperangkap dalam jeratan masa remaja yang begitu sayang untuk ditinggalkan.

Karena dewasa adalah bentuk perubahan dari mental dan sikap seseorang, maka umur bukanlah batasan yang mutlak. Lalu bagaimana cara menjadi lebih dewasa dalam menjalani hidup?

 
Berikut 4 cara yang layak Anda lakukan :

 
1. Lebih Bertanggung Jawab

 
Dewasa sangat identik dengan tanggung jawab. Untuk menjadi sosok yang lebih dewasa, Anda harus mulai belajar untuk bertanggung jawab terhadap semua hal yang Anda lakukan. Apa pun yang menjadi pilihan Anda, Anda harus bisa mempertanggungjawabkannya sendiri.

 
Setiap orang dewasa harus sudah berpikir untuk bertanggung jawab atas sesuatu yang tidak diinginkan yang merupakan dampak dari perbuatannya. Tunjukkan tanggung jawab Anda, maka Anda sudah melakukan langkah penting untuk menjadi dewasa.

 
Tindakan lari dari tanggung jawab jelas bukan sebuah sikap yang dewasa. Mereka yang melakukan tindakan seperti itu, belum bisa berpikir jauh ke depan.
Karena itu, berpikirlah panjang ketika akan melakukan sesuatu yang penting. Jangan sampai ada penyesalan di belakang yang ujungnya menjadi tindakan lari dari tanggung jawab.

 
2. Berani Mengakui Kesalahan

 

 
Ketika melakukan kesalahan, salah satu bentuk tanggung jawab Anda adalah dengan mengakuinya. Jangan mengalihkan kesalahan yang Anda lakukan sendiri kepada orang lain karena hal itu hanya akan menunjukkan ketidakdewasaan Anda. Akui dengan jantan setiap kesalahan, maka orang lain akan lebih menghargai Anda.

 

Selain mengakui kesalahan, ucapan maaf yang tulus juga tetap harus dilakukan. Meskipun itu harus dilakukan kepada orang yang jauh lebih muda usianya dari Anda. Permintaan maaf tersebut akan menunjukkan bahwa Anda memang tidak berniat melakukan kesalahan tersebut.

 

Begitu pula ketika orang lain mengakui kesalahan, Anda harus bisa memaafkannya. Sebagai contoh, pengakuan salah teman Anda yang Anda terima dengan lapang dada menunjukkan kebesaran hati Anda. Sekaligus menunjukkan bahwa Anda memang sudah menempuh tahapan yang benar untuk menjadi manusia yang lebih dewasa.

 
3. Menghormati dan Menghargai Setiap Perbedaan

 

 
Tidak ada orang yang dilahirkan sama persis. Bahkan sepasang kembar identik sekalipun. Allah menciptakan setiap manusia dengan kodratnya masing-masing. Karena itu sangat wajar akan selalu ada perbedaan dalam hal apa pun dengan orang lain.
Hargai setiap pendapat dan sikap orang lain yang berbeda dengan pemikiran Anda.

 
Jadikan masukan positif dari setiap pendapat orang lain yang bisa menyempurnakan pendapat atau pemikiran Anda. Termasuk dalam sikap ini adalah dengan tidak memandang remeh setiap pendapat orang.

 
Sebaliknya, jika hanya menjadikan pendapat Anda sendiri sebagai yang terbaik, maka Anda telah menapaki jalan untuk tidak menjadi dewasa. Anda akan terjebak dalam pusaran palsu tentang sebuah kedewasaan.

 
4. Bisa Bersikap Adil Terhadap Orang-orang di Sekitar

 
Adil adalah menempatkan sesuatu sesuai dengan tempat dan peruntukkannya. Menjadi lebih dewasa akan tercermin dari sikap terhadap lingkungan di sekitar Anda.
Apakah Anda sudah bisa berlaku adil atau justru tidak? Ini merupakan salah satu cara untuk menjaga perasaan orang lain.

 
Untuk bisa adil terhadap orang-orang di sekitar Anda memang butuh pemikiran yang matang. Termasuk bisa memposisikan diri dengan tepat dalam kondisi dan situasi yang berbeda. Apa yang harus Anda katakan dan lakukan dalam sebuah situasi yang ada di lingkungan Anda akan menunjukkan sikap kedewasaan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here