Cara Ilmiah Menyembuhkan Luka Tanpa Meninggalkan Bekas

257

Wajar jika seseorang mengalami luka minimal sekali seumur hidup dan biasanya luka tersebut akan membekas, baik secara fisik ataupun hanya dalam pikiran. Nah, ternyata luka bisa disembuhkan tanpa meninggalkan bekas fisik. Penelitian terbaru menemukan caranya. Baca selengkapnya di sini!

 
1. Luka fisik bisa memudar dan menghilang seiring berjalannya waktu, tapi bisa dalam waktu yang sangat lama sekali

 
Baik itu luka akibat prosedur operasi, gak berhati-hati saat bercukur, terbakar sesuatu ataupun karena kecelakaan saat berkendara, banyak orang berharap luka tersebut menghilang jika mengganggu. Meskipun beberapa tetap membutuhkan bekas luka tersebut sebagai kenang-kenangan. Namun kenyataannya, bekas luka gak semudah itu dihilangkan.

 
2. Meskipun masih belum banyak yang bisa dilakukan pada bekas luka yang sudah ada, penelitian terbaru menemukan cara menyembuhkan luka agar menjadi kulit normal

 
Dilansir dari sciencealert, yang dimaksud kulit normal di sini adalah kulit hasil regenerasi normal bukan jaringan luka seperti biasanya. Penelitian ini dipimpin oleh George Cotsarelis selaku ketua departemen dermatologi di University of Pennsylvania pada tahun 2018. Maksud dari penelitian ini adalah menemukan cara menyembuhkan luka tanpa meninggalkan bekas.

 
3. Kalau kamu bertanya kenapa jaringan luka terlihat sangat berbeda dengan kulit biasa, itu karena mereka gak mengandung sel lemak dan folikel rambut

 
Karena itu menurut Cotsarelis, hasil penelitian ini adalah mampu memanipulasi regenerasi kulit. Tipe kulit yang beregenerasi dalam luka ringan/tipis dipenuhi dengan sel lemak yang disebut adipocytes. Ini sama dengan kondisi kulit saat bayi. Ketika kamu mengalami luka ringan, adipocytes akan membuat kulit pada lukamu menyatu kembali dengan kulit sekelilingnya sehingga gak meninggalkan bekas.

 
4. Penelitian ini membuktikan bahwa sel myofibroblastbisa dipengaruhi dan dikonversi secara stabil dan efisien menjadi adipocytes

 
Caranya adalah dengan memanipulasi potein morphogenetik tulang pada jaringan luka. Protein tersebut secara alami dilepaskan oleh folikel-folikel rambut. Pertumbuhan folikel rambut juga membantu sel lemak dalam meregenerasi kulit. Sehingga pendukung pertumbuhan folikel rambut juga perlu dilakukan ketika sedang dalam proses menyembuhkan luka, agar gak berbekas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here