Hati hati, 5 Makanan Ini Berbahaya Jika Dimakan Mentah

222

Penyajian makanan menjadi sangat beragam berkat kreatiftas dalam mengolahnya. Mulai dari setengah matang atau overcook bahkan mentah. Tapi ternyata kita juga harus perhatikan nih jenis makanan apa yang bisa dikonsumsi sesuai penyajiannya, entah itu dimakan setelah dimasak atau masih mentah. Biar kamu gak keliru dan salah lagi ada baiknya mengetahui 5 makanan di bawah yang dilarang dikonsumsi mentah, karena efeknya bisa jadi racun ke tubuh!

 

 

1. Terong

 

 
Sayuran berkulit ungu ini sering kita jumpai dan memiliki banyak kandungan vitamin. Namun jika kita megnkonsumsi dalam keadaan mentah, akan berbahaya jadinya. Terong mentah mengandung solanineyang merupakan salah satu jenis racun berbahaya. Apabila kita mengkonsumsi terong mentah efek mual, keram, hingga diare bisa kita dapatkan akibat racun tersebut.

 
2. Singkong

 

 
Singkong menjadi salah satu sumber karbohidrat masyrakat Indonesia. Singkong memiliki banyak vitamin dan mineral. Tetapi ternyata di dalamnya terdapat zat racun yang bisa mematikan lho! Singkong mengandung sianogenic glycosides,sejenis bahan kimia yang melepaskan sianida saat dimakan. Jika kita tidak ingin mengalami hal buruk karena memakan singkong, yang harus dilakukan adalah mencuci dan memasak nya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

 
3. Tauge

 

 
Kecambah atau tauge bisa mengandung bakteri berbahaya seperti E. coli, Salmonella, dan Listeria. Hal itu disebabkan oleh proses tumbuh kembang tauge yang hangat dan lembab dimana bakteri bakteri tadi bisa tubuh secara subur.

 
4. Susu

 

 
Banyak produk olahan susu yang memiliki rasa yang enak dan juga menyegarkan, namun jenis susu yang berbahaya adalah susu yang di minum langsung setelah diperah. Susu perahan langsung tersebut sangat berbahaya karena tidak melewati proses pasteurisasi, akibatnya bakteri berbahaya seperti E.Coli dan Salmonela akan hidup dan berada di dalam susu tersebut.

 
5. Kentang

 

 
Kentang mengandung zat tepung yang menggangu pencernaan kita sehingga menyebabkan kembung dan efek kelebihan gas atau gastrointestinal yang akan membuat kita tidak nyaman. Kentang juga dapar menjadi hijau dan mengembangkan racun yang disebut solanine seperti terong. Jika kentang tampak memiliki bintik hijau di atasnya, kita harus menghindari memakannya karena solanine dapat menyebabkan keracunan makanan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here