Ini Dia 5 Selebriti yang Pernah Jadi Duta Anti-Narkoba

328

Ada beragam pemilihan duta dalam berbagai bidang, baik berskala nasional maupun internasional. Sebagian besar orang menyambut baik kegiatan tersebut karena diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat. Duta Anti-Narkoba, misalnya.
Pemilihan Duta Anti Narkoba sendiri memiliki tujuan agar masyarakat menjadi lebih peduli dan peka terhadap penyalahgunaan barang haram tersebut. Menjadi seorang duta bisa dari berbagai kalangan, dan tak sedikit selebriti yang terpilih menjadi seorang duta.
kumparan (kumparan.com) telah merangkum lima selebriti yang pernah jadi Duta Anti Narkoba di Indonesia.

 

1. Agnez Mo

 

 

 

 
Selain memiliki segudang prestasi di dunia tarik suara, pelantun lagu ‘Long As I Get Paid’ itu terpilih menjadi Duta Anti Narkoba se-Asia. Dia ditunjuk oleh badan pemberantasan narkotika Amerika Serikat, DEA, dan ditetapkan dalam Konferensi Pemberantasan Narkotika Internasional (IDEC) untuk wilayah Timur Jauh pada 2007.
Saat itu, usianya masih 20 tahun. Agnez ingin menunjukkan bahwa dirinya bisa berprestasi tanpa menggunakan obat-obatan terlarang.
Dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang duta, pemain sinetron ‘Pernikahan Dini’ dan ‘Kawin Muda’ itu berkeliling ke-18 negara, seperti Nepal, Tiongkok, India, Australia, dan Korea Selatan untuk mengampanyekan gerakan anti narkoba.

 
2. Indah Dewi Pertiwi

 

 
Musisi yang juga diangkat menjadi Duta Anti Narkoba adalah Indah Dewi Pertiwi atau IDP. Pelantun lagu ‘Hipnotis’ itu ditunjuk untuk menjadi seorang duta oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Juni 2014.
Terpilihnya perempuan kelahiran Bogor, Jawa Barat, itu sebagai Duta Anti Narkoba menjadi kebanggaan tersendiri sekaligus bertambahnya tanggung jawab yang diembannya. Dalam menjalankan tugasnya sebagai duta, perempuan berusia 27 tahun itu kerap hadir dalam agenda yang diselenggarakan oleh BNN untuk mengampanyekan gerakan anti narkoba.
Selain itu, pelantun lagu ‘Teman Terindah’ itu juga melakukan sosialisasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bahaya menggunakan narkoba di berbagai kesempatan, bahkan, saat ia sedang tampil di atas panggung.

 
3. Sandra Dewi

 

 


Selain menjadi Duta Disney untuk Asia Tenggara, istri Harvey Moeis ini ternyata pernah terpilih menjadi Duta Anti Narkoba. Dia dipercaya untuk menjadi duta karena terbukti mampu berprestasi tanpa melibatkan kariernya dengan narkoba.
Pemain film ‘I Am Hope’ itu dianggap sebagai selebriti yang mampu mengampanyekan gerakan anti narkoba secara aktif di berbagai kegiatan, terutama melalui dunia maya. Sehingga, ia ditunjuk oleh BNN untuk menjadi Duta Anti Narkoba.
Pada 26 Juni 2008, Presiden ke-6 Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, melantik perempuan berumur 34 tahun itu sebagai Duta Anti Narkoba pada peringatan Hari Anti Narkoba Intenasional di Istana Negara, Jakarta.

 
4. Olivia Zalianty

 

 

 

 

Meski sempat mendapat tawaran untuk memakai narkoba saat duduk di bangku SMA, perempuan kelahiran Jakarta ini menolaknnya. Hingga akhirnya, dia ditunjuk sebagai Duta Anti Narkoba saat dirinya sudah menjadi seorang artis.
Adik kandung Marcella Zalianty itu diminta oleh suatu organisasi kepemudaan yang bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, untuk membuat sebuah rangkaian program kampanye anti narkoba. Olivia pun ditunjuk sebagai Duta Anti Narkoba pada Juni 2008.
Sebagai bentuk kampanye anti narkoba, pemeran sinetron ’Azizah’ itu lebih menyarankan masyarakat agar rajin untuk berolahraga ketimbang menggunakan obat-obatan terlarang tersebut.

 

5. Roro Fitria

 

 

 

Sebelum ditangkap oleh Satnarkoba Polda Metro Jaya di kediamannya di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Rabu (14/2) lalu dengan barang bukti berupa sabu seberat 2,4 gram, Roro Fitria ternyata pernah menjabat sebagai Duta Anti Narkoba pada 2016.
Perempuan kelahiran Yogyakarta itu terbilang aktif ketika memberikan penyuluhan anti narkoba. Dia pun banyak belajar melalui video yang memperlihatkan efek negatif dari orang-orang yang memakai narkoba.
Hal itu membuatnya tidak berani menyentuh obat-obatan terlarang. Pada saat itu.
Sebagai salah satu rekan Roro yang juga terlibat dalam penyuluhan tersebut, Sunan Kalijaga merasa tak menyangka dengan apa yang menimpa pemain sinetron ‘Anugerah’ itu.
“Dari awal, kebetulan Roro ini sering ikut dengan saya di acara kegiatan penyuluhan, yang pasti semenjak awal diamankan sampai tadi juga masih dalam kondisi yang menyesal, nangis enggak berhenti,” kata Sunan ketika ditemui di Kawasan Gatot Subroto, beberapa waktu lalu.
“Dia (Roro) ngaku suka diajak-ajak, dia sudah bilang, ‘Aku kan penyuluh, enggak mau’. Dia enggak cerita (siapa yang mengajak) tapi dia bilang dari kalangan selebritis” sambungnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here