Kegiatan Menulis Tangan Ternyata Bermanfaat Untuk Mengasah Kemampuan Motorik

591

Bagi sebagian orang, menulis merupakan cara ampuh untuk mengungkapkan perasaan atas segala hal yang sedang mereka alami. Bahkan, sebuah penelitian dari Selandia Baru menyatakan bahwa menulis pikiran dan perasaan setelah peristiwa traumatis benar-benar dapat membuat luka fisik lebih cepat sembuh.

 
Sementara menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advance in Psychiatric Treatment,manfaat menulis tangan tidak hanya dialami dalam jangka pendek saja, namun juga dalam jangka panjang. Pasalnya, orang yang memiliki kebiasaan menulis secara manual telah diketahui memiliki peningkatan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

 
Dimulai dari peningkatan suasana hati, kesejahteraan, serta fungsi tubuh seperti paru-paru dan hati yang lebih baik. Tidak hanya itu, menulis juga dikaitkan dengan penurunan tekanan darah serta tingkat stress dan gejala depresi.

 
Ternyata, manfaat menulis tidak sampai disitu saja. Jika Kamu mengalami kesulitan untuk tidur, cobalah untuk menulis. Menurut sebuah studi “Applied Psychology: Health and Well-being”, menghabiskan waktu sekitar 15 menit di malam hari, hanya untuk menuliskan segala hal yang Kamu syukuri bisa membuat keajaiban terhadap tidur Kamu.

 
Para peneliti menemukan bahwa peserta studi yang menuliskan catatan harian mengenai berbagai hal yang mereka syukuri sebelum tidur diketahui memiliki kualitas tidur yang baik dan lebih panjang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here