Mengapa Sebelum Operasi Harus Puasa Terlebih Dahulu?

225

Puasa sebelum operasi umum dianjurkan oleh dokter, terutama pada operasi besar yang melibatkan pasien berada di bawah pengaruh anestesi umum. Anestesi umum membuat Kamu tidak sadarkan diri sehingga Kamu tidak dapat merasakan apapun dan Kamu juga tidak menyadari apa saja yang tengah berlangsung selama prosedur Kamu. Biasanya, sebelum memiliki anestesi umum, Kamu tidak akan diizinkan untuk makan atau minum sesuatu.

 

 

Jika perut Kamu terisi makanan selama operasi, Kamu bisa muntah sementara di bawah pengaruh obat bius. Hal ini karena ketika Kamu berada di bawah anestesi, reflex tubuh Kamu dihentikan untuk sementara. Kombinasi anestesi yang melumpuhkan tubuh dan intubasi (memasukkan lubang atau pipa melalui mulut atau hidung untuk pertukaran udara) memungkinkan Kamu untuk menghirup muntahan dan isi perut Kamu ke dalam paru.

 

Kondisi ini disebut dengan aspirasi paru dan dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti infeksi,pneumonia, dan kesulitan bernafas, yang dapat membahayakan kondisi Kamu saat operasi…Sudah tahu, alasannya jika ada rencana operasi dan di haruskan berpuasa jangan melanggar ya…Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here