Sering Disepelekan, Ternyata Ini Lho 6 Cara Menyeduh Teh yang Benar!

354

Meminum teh setiap hari memang memiliki beberapa khasiat, seperti melancarkan metabolisme atau menghilangkan ngantuk. Citra rasa dari teh juga dapat menenangkan suasana hati seseorang. Masalahnya, jika cara menyeduhnya salah, maka akan dapat mengurangi khasiat dan rasa khas tehnya.

 
1. Gunakan air yang segar, bukan yang telah dipanaskan sebelumnya

 
Biasanya, ada beberapa orang yang memiliki kebiasaan untuk memanaskan air terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Kemudian, ketika hendak menyeduh teh, air yang telah dipanaskan sebelumnya direbus kembali.
Sebenarnya, hal ini sangat tidak disarankan. Sebab, ketika kita memanaskan air, maka kandungan mineral yang terdapat di dalam air akan menguap atau hilang. Air yang digunakan untuk menyeduh teh sebaiknya adalah air segar.
Bisa dari air mineral, air yang dipancurkan dari keran, atau menggunakan air hasil filtering. Penggunaan air segar juga mencegah teko kamu cepat berkerak lho, guys!

 
2. Satu sendok teh untuk satu orang

 
Apakah ada yang menyeduh teh langsung menggunakan daun teh? Jika ada, maka cukup menggunakan satu sendok teh daun untuk dikonsumsi satu orang. Jika menyeduhnya langsung di dalam teko untuk dinikmati 4-6 orang, maka dibutuhkan 4-6 sendok teh daun yang diseduh.
Tidak disarankan untuk menyeduh terlalu banyak dauh teh untuk dikonsumsi. Alasannya, akan membuat rasa teh terlalu kuat dan menghilangkan rasa khas dari tehnya sendiri. Kalau kamu pecinta kantong teh, maka sebenarnya satu kantong teh dapat diseduh kembali sebanyak 2-3 kali.

 
3. Kenali jenis teh dan temperatur air untuk menyeduhnya

 
Teh sendiri memiliki beberapa jenis jika dikategorikan berdasarkan warnanya. Terdapat white tea, green tea, dan black tea. Masing-masing jenis teh ini memerlukan suhu air yang berbeda untuk menyeduhnya. Jangan sampai air yang terlalu panas menghancurkan daun tehnya dan membuat rasa yang keluar tidak optimal.
Untuk white tea, hanya diperlukan air dengan suhu 65°-75° C. Green tea memerlukan suhu yang lebih panas, yakni 75°-85° C. Sedangkan, yang membutuhkan suhu paling tinggi adalah black tea, yang direkomendasikan untuk diseduh pada air panas bersuhu 85°-95° C.

 

 

4. Perhatikan aturan tiga menit!

 
Jangan terlalu cepat mengangkat daun atau kantong teh yang kamu gunakan. Biarkan dulu selama 3 menit agar hasil seduhan teh semakin optimal dan lebih berasa. Tetapi, jangan juga terlalu lama karena bisa memberikan rasa pahit pada secangkir tehmu.

 
5. Susu dulu, baru teh

 
Jika ingin menikmati milk tea, maka aturan penambahan susunya perlu diperhatikan. Simpan dahulu teh yang telah dibuat di dalam teko. Kemudian, tuangkan terlebih dahulu susu secukupnya di dalam cangkir, baru tambahkan tehnya.
Teh yang dituangkan setelah susu, akan membuat temperatur susu mengikuti suhu tehnya. Selain menghangatkan susunya, proses ini membuat milk tea-mu semakin sedap dan menghindari gumpalan atau buih di permukaan teh.
Sedangkan, susu yang ditambahkan ke dalam secangkir teh akan membuatnya menjadi lebih dingin.

 
6. Hindari menekan kantong teh pada cangkir

 
Menekan kantong teh dengan maksud memerasnya setelah direndam 3 menit, dapat mengeluarkan kandungan tannins lebih banyak. Tannins sendiri merupakan zat yang terdapat pada teh dan memberikan efek pahit. Ketimbang memerasnya dengan sendok, lebih baik jika langsung mengangkat kantong tehnya.
Nah, jangan sampai salah lagi ya biar tehmu penuh khasiat dan makin sedap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here