5 Manfaat Buah Mangga Bagi Tubuh

951

Buah mangga merupakan salah satu buah yang digemari banyak orang. Di Indonesia sendiri, buah ini sedang banyak dikreasikan dalam berbagai menu yang dijajakan di kafe-kafe.

 

Selain rasanya yang enak, buah mangga memiliki sejumlah manfaat yang telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Dalam semangkuk mangga, terkandung 3 gram serat, 24 gram glukosa, dan berbagai kandungan vitamin seperti vitamin A, C, dan B6 yang dibutuhkan tubuh. Berikut 5 manfaat buah mangga yang perlu kamu catat:

 

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan C di dalam buah mangga tergolong tinggi. Semangkuk buah ini mengandung sekitar 25% vitamin A dan 76% vitamin C. Vitamin A dibutuhkan oleh kulit dalam pertumbuhan jaringan sedangkan vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan kolagen kulit.

Jika kamu memasukkan mangga ke dalam menu diet sehatmu, kamu juga berhasil menjaga kesehatan kulit karena memberi asupan vitamin A dan C yang memadai.

2. Mengendalikan Berat Badan

Mangga mengandung 24 gram glukosa dan bisa menjadi sumber gula alami bagi tubuh. Buah ini dapat membantu anda mengurangi kecanduan terhadap makanan manis seperti permen.

Selain itu, mangga mengandung serat dan kadar air yang tinggi. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah atau sayur dengan kadar air yang tinggi membantu anda tetap kenyang lebih lama, sehingga dapat mengendalikan keinginan untuk makan lebih banyak.

3. Mencegah Kanker

Mikronutrisi dalam buah mangga seperti kandungan antioksidan zeaxanthin, betakaroten, dan senyawa polifenol dapat mencegah kanker. Sebuah penelitian menunjukkan buah ini dapat membantu menurunkan risiko seseorang terkena kanker dan menurunkan ukuran tumor.

4. Mengobati Peradangan Dalam Tubuh

Mangga mengandung senyawa antiradang seperti betakaroten dan vitamin C. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penguraian mangga di dalam tubuh menghasilkan berbagai senyawa yang berfungsi sebagai antiradang.

5. Melancarkan Pencernaan

Konsumsi mangga secara rutin setiap hari dapat membantu mengatasi konstipasi kronis. Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah mangga tersebut berkaitan dengan kandungan serat didalamnya. Selain itu, buah ini mampu menurunkan produksi endotoksin dari bakteri, penurunan inflamasi, dan meningkatkan konsentrasi asam lemak yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan usus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here