6 Manfaat Wortel Untuk Kesehatan

2345

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Wortel biasanya diolah menjadi sayur, acar untuk campuran makanan dan juga wortel yang di potong tipis untuk campuran salad yang segar.

 

Wortel juga sering dimasak seperti tumisan, atau dicampur bersama tepung dan digoreng jika di Indonesia. Rasa wortel yang manis dan menyehatkan banyak dijual dan dijadikan makanan. Namun, banyak juga masyarakat yang tidak menyukai wortel. Bukan karena rasanya yang tidak enak, melainkan bau khas dari wortel itu sendiri yang cukup mengganggu. Serta teksturnya yang aneh ketika dimasak, menjadikan beberapa orang menghindari wortel.

Padahal jika dilihat, sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan dari satu buah wortel saja. Apa saja manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan ? Berikut ulasannya.

1). Menyehatkan Mata

 
Menyehatkan mata merupakan manfaat pertama yang sudah tidak asing lagi dari wortel. Sudah banyak orang tahu bahwa wortel merupakan sayuran yang berisi lebih dari 50% terkandung vitamin A. Fungsi vitamin A sendiri menutrisi kesehatan mata dan menjaga dari penyakit yang menyerang. Memang umumnya wortel dianggap untuk menyehatkan mata atau mengobati seperti rabun saja. Namun nyatanya, wortel juga bisa menghindari mata dari kanker, glukoma dan juga astigmatisma. Tidak hanya penyakit rabun seperti yang banyak orang bilang.

 
2). Menghindari kanker payudara

 
Kenapa konsumsi wortel bisa menghindari kanker yang berbeda. Itulah fungsi dan manfaat lebih pada wortel. Kanker payudara bisa berkurang hingga 17-18% karena wortel mengandung banyak hidrat arang dan juga fosfor. Dengan begitu jaringan yang bisa mengikat payudara yang membahayakan, bisa berkurang bahkan menggugur. Anda bisa mengonsumsi secara rutin terutama bagi para wanita. Konsumsi wortel sebagai jus setiap harinya tanpa gula, dan bisa diganti dengan madu.

 
3). Mengurangi resiko kanker usus besar

 
Kanker usus besar merupakan kanker yang membahayakan. Karena menyerang organ vital dalam sistem pencernaan yakni usus besar. Kanker usus besar bisa dicegah dengan wortel yang mengandung bahan seperti zat falcarinol dan zat falcarindol. Zat ini bisa digunakan untuk mengurangi terjadinya akar dari penyakit jamur, akar ini bisa mengikat jaringan sehat pada manusia. Untuk itu, kanker usus besar kemungkinan bisa dihindari jika mengonsumsi wortel secara rutin.

 
4). Mengurangi penyakit jantung

 
Penyakit kronis lainnya yang bisa dikurangi dengan wortel adalah jantung. Mengonsumsi 5-6 wortel setiap minggunya ternyata membuat zat antioksidan dalam tubuh bekerja dan menghindari sakit jantung dengan sangat cepat dan baik. terutama bagi anda yang sudah terdeteksi memiliki penyakit jantung, ada baiknya mengonsumsi wortel secara rutin.

 
5). Meningkatkan sistem imun tubuh

 
Wortel mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Seperti halnya pada makanan sehat lain, vitamin C tentu berguna untuk menaikan imun tubuh agar terus sehat dan terhindari dari penyakit. Selain vitamin c, wortel juga mengandung zat antioksidan yang bisa menaikan imun tubuh. Tentunya untuk melindungi dari radikal bebas atau paparan polusi yang berbahaya.

 
6). Janin dalam kandungan

 

 
Janin dalam kandungan membutuhkan nutrisi yang sangat baik. maka beberapa makanan sangat disarankan untuk anda yang sedang hamil. Salah satunya adalah wortel yang baik untuk janin. karna wortel mengandung vitamin A yang ternyata baik untuk perkembangan janin, dan menguatkan rahim. Janin juga akan tahan terhadap penyakit dan ketika sang ibu sakit, maka bayi dalam rahim tersebut akan tetap kuat dan aman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here