Bahaya Mengonsumsi Sayur Bayam Jika Sudah Lebih Dari 7 Jam Setelah Di Masak

1045

Pernahkah anda memasak sayur bening dengan menggunakan sayur bayam serta campuran sayuran serta bahan lainnya? Ya, sayur yang satu ini memang sangat menyegarkan, terlebih jika digunakan sebagai menu buka puasa. Beragam bahan dalam sayur bening yang menyehatkan bisa memberi manfaat yang baik bagi tubuh anda.
Eits, tapi tunggu dulu! Manfaat itu bisa didapatkan jika anda mengosnmsi sayur bening tersebut segera atau beberapa saat setelah dimasak. Pernahkah anda mendengar bahwa sayur bening dengan bayam di dalamnya tidak boleh lagi dikonsumsi setelah lama atau lebih dari 7 jam? Jika dikonsumsi setelah lebih dari 7 jam, ternyata sayur bayam tersebut bisa membahayakan kesehatan.
Hal ini dikarenakan sayur bayam ataupun sayur lainnya, jika dibiarkan lama hingga melebihi 7 jam dalam suhu ruang, akan mengalami kerusakan. Hal ini dipicu karena adanya pertumbuhan bakteri. Anda bisa melihat tanda – tandanya pada air kuah yang mulai berwarna keruh, berlendir bahkan hingga berbau asam.

Sayur bayam memang banyak mengandung Fe serta nitrat yang bermanfaat untuk kesehatan. Tetapi jika sayur sudah terkontaminasi dengan bakteri, nitrat di dalamnya bisa berubah menjadi nitrit. Nitrit ini bisa menyebabkan terbentuknya nitrosamin yang berbahaya dalam tubuh. Apa lagi jika dikonsmusi oleh bayi. Nitrosamin ini merupakan salah satu bahan karsinogen bagi tubuh, yaitu bahan yang bisa memicu terjadinya kanker.

Jadi, sebaiknya sayur bayam yang sudah melebihi tujuh jam jangan dikonsumsi lagi. Selain manfaatnya sudah hilang, mengonsumsinya hanya akan membahayakan kesehatan anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here