Cara Seru Mengenalkan Budaya Pada Anak Usia Dini

541

Disetiap Negara tentunya memiliki tradisi dan budayanya masing-masing. Dengan bertambahnya tahun dan bergantinya generasi ke generasi, alangkah baiknya tradisi dan budaya yang sudah menjadi turun temurun dari nenek moyang dilestarikan, dijaga, serta dipertahankan oleh semua Warga Indonesia.

Mengenalkan serta merawat budaya Indonesia yang sangat luas ini sangatlah penting, apalagi dimulai dari usia sejak dini. Seperti halnya dengan kegiatan Lomba Fashion Show Baju Adat Nusantara Tingkat Sekolah Dasar yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuaafa Pendidikan yang bekerja sama dengan Batik Handayani yang di adakan di Botani Square, Kota Bogor, Kamis (19/04/2018) Siang.

Perlombaan ini diikuti oleh beberapa anak usia dini dengan kisaran umur mulai dari 4 sampai 10 tahun. Berbagai baju adat yang mereka kenakan sangat unik dan bermacam-macam jenisnya, mulai dari adat sunda, jawa sampai sumatera. Tidak hanya anak-anaknya saja yang sangat antusias mengikuti acara ini, melainkan sebagai orangtua yang mendukung dan berusaha membuat anak tersebut tampil dengan percaya diri.

Tak ketinggalan juga, untuk dapat menambah kemeriahan acara. Pembuat acarapun mengundang teman-teman dari Sekolah Smart Ekselensia Indonesia dengan membawakan sebuah musik perkusi yang menggunakan alat-alat bekas seperti botol kaca, galon, dan lain-lain sehingga menambah suasana semakin meriah.

Dalam hal penilaian, Juri yang digawangi oleh Kak Putri, Kak Handayani serta Kak Sri sudah siap dengan pena, dan kertas penilaiannya dan harus memasang mata dengan jeli. Karena penilaian ini mencakup keunikan kostum yang dipakai, make up, cara berjalan, serta ekspresi wajah sang buah hati.

“Saya senang mengikuti acara ini, karena ketemu banyak teman. Dan saya dapat mengetahui macam-macam baju adat istiadat di Indonesia. Saya juga berharap saya dapat menjadi juara dalam ajang ini” Kata Bebi (7) salah satu peserta Lomba Fashion Show yang mengenakan kostum adat jawa.

“Kelestarian budaya tradisional adalah tanggung jawab kita bersama untuk merawat serta menjaganya. Semoga dengan adanya acara yang dikemas seseru ini membuat anak-anak usia dini dapat menjadi generasi yang dibanggakan” Kata salah satu orangtua peserta yang sedang mendampingi buah hatinya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here