Tips Makan dan Minum yang Baik Saat Sahur

321

Memilih menu makanan sahur yang tepat membantu tubuh kita agar tidak lesu dan lemas saat berpuasa. Untuk membantu tubuh kita tetap fit dalam kegiatan sehari-hari, kita harus pintar memilih menu makan sahur yang sehat dan tepat.

Sehingga puasa yang kita jalankan tidak akan terganggu, orang yang berpuasa baik diluar atau didalam ruangan tetap memerlukan asupan air dan energi yang cukup dan ini erat kaitannya dengan asupan nutrisi yang kita dapat saat berbuka maupun bersahur.

Buat Anda yang ingin tahu apa saja makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berpuasa, berikut tips-tipsnya :

1. Utamakan Mengonsumsi Air Putih
Saat sahur asupan air putih perlu diperhatikan agar saat siang hari tubuh tidak kekurangan cairan. Tidak dianjurkan untuk minum kopi dan teh karena mengandung Zat Diuretic yang malah menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Memang benar minum kopi dapat menyegarkan badan, namun hanya berlaku kurang lebih 1-2 jam saja. Setelah itu yang terjadi biasanya justru perut/lambung terasa pedih karena asam lambung yang berlebihan.

2. Perbanyak Makan Sayur dan Buah
Perbanyak makan sayur-sayuran serta buah-buahan yang berserat tinggi dan dapat terhindar dari Konstipasi atau sembelit selama berpuasa. Baik sahur ataupun berbuka hindari makanan mengandung lemas dan pedas, karena dapat mengganggu pencernaan. Dan selingi dengan minum jus buah tentunya tanpa menggunakan gula agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

3. Hindari Makanan Instan
Menyajikan makanan isntan karena cara penyajiannya yang praktir tidak dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat sahur, seperti mie dan makanan beku. Hal tersebut sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh, karena makanan instan mengandung bahan pengawet yang tidak sehat. Dan hanya menimbulkan kenyang yang sementara sehingga tidak cocok untuk dijadikan menu saat sahur.

4. Jangan Mengkonsumsi Teh Manis
Teh manis tidak disarankan untuk sahur karena dapat menaikan gula darah tapi cepat juga turunnya. Sehingga tubuh akan mengalami lemas dan lesu ketika berpuasa, namun teh manis juga dapat menjadi menu ideal untuk berbuka, namun jangan terlalu mengkonsumsi secara berlebihan.

5. Susu Kedelai
Kandungan dalam susu kedelai memiliki protein yang cukup besar, dengan banyaknya kandungann protein tersebut, anda akan merasa kenyang cukup lama. Susu kedelai secara alami lebih rendah kadar gula daripada susu biasa. Selain itu, asam lemak tak jenuh tunggal dalam susu kedelai dapat menghambat penyerapan lemak dari usus Anda, sehingga dapat menjaga berat badan selama berpuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here