Tips Mengatasi Lemah dan Lesu Pada Saat Berpuasa

284

Menjalani Puasa sudah menjadi kewajiban bagi Umat Muslim dimanapun, rutinitas yang dijalani setahun sekali selama satu bulan penuh ini membuat kita terkadang mengalami masalah yang membuat ibadah menjadi terganggu, Lemas dan Lesu misalnya. Karena itu tidak sedikit dari sebagian orang mengurangi aktifitas fisik. Tahukah Anda bahwa rasa lemas saat berpuasa, disebabkan karena menurunnya gula darah secara berlebihan. Bila gula darah turun terlalu rendah, kita akan merasa lemas, letih, lesu bahkan sampai merasa pusing di kepala. Berikut adalah beberapa tips agar tidak lemah saat puasa.

  1. Pastikan Anda mencukupi kebutuhan minum anda

Dehidrasi saat berpuasa kemungkinan salah satu penyebab tubuh kita menjadi lemas, anda harus memastikan kebutuhan air minum harus tercukupi. Anda bisa mencoba pola 2-4-2, dua gelas saat berbuka puasa, empat gelas sepanjang malam, dan dua gelas saat sahur. Tidak hanya air putih, Anda bisa mengonsumsi buah-buahan atau yogurt untuk menambah asupan cairan.

Hindari minuman yang mengandung kafein dalam kopi, minuman bersoda, maupun teh. Berhenti mengonsumsi kafein secara bertahap adalah cara terbaik untuk tetap berenergi sepanjang hari. Anda mungkin justru akan merasa lemas dan sakit kepala saat tidak mengonsumsi kafein. Kondisi ini hanya bersifat  sementara.

2. Lakukan Olahraga ringan

Karena puasa bukan bearti kita bermalas-malasan dalam berolahraga, percayalah bahwa berolahraga teratur akan membuat Anda lebih bertenaga saat beraktivitas panjang. Lakukanlah olahraga ringan yang membuat anda minimal dapat mengeluarkan keringat segar, seperti misalnya 10 menit sehari berjalan kaki. Agar anda lebih bersemangat, buatlah olahraga ringan itu menjadi olahraga yang seru seperti menambah iringan musik.

3. Perhatikan makanan saat berbuka puasa dan sahur

Pada saat berbuka puasa atau sahur, melihat makanan yang banyak disajikan akan terlihat nikmat dan mengenyangkan bukan? Namun tahukan anda tidak semuanya mendatangkan nutrisi yang sehat bagi tubuh Makanan berbahan dasar tepung dan yang mengandung kadar gula tinggi bisa membuat Anda cepat lelah. Jadi usahakan hindari makanan seperti ini. Konsumsi makanan segar seperti sayur-sayuran dan buah-buahan secara teratur.

4. Jam Tidur Teratur

Kunci agar anda  selalu berenergi saat beraktivitas sepanjang hari adalah tidur yang cukup dan teratur. Bangun dan tidurlah di jadwal yang sama setiap harinya, atau memasang alarm dapat membantu anda terbangun tepat waktu. Tahukan anda bahwa mandi air hangat, membaca buku dan mendengarkan musik dapat membantu anda tidur lebih nyenyak, dan buatlah kamar anda hanya diperlukan untuk istirahat saja. Keberadaan Komputer dan Tv justru mengganggu ketenangan.

5. Asupan Suplementasi

Suplementasi saat berpuasa memang diperlukan, apalagi  bagi kesehatan seseorang yang memang mengidap penyakit sesuatu tertentu. Selain itu suplemen juga dapat dikonsumsi bila dirasa tidak cukup terpenuhi dari asupan makanan, Kondisi kerja yang padat dan kondisi lingkungan yang dapat menurunkan ketahanan tubuh selama berpuasa dapat diatasi dengan konsumsi suplemen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here