Kamu Merasa Sedang Kecanduan Gadget? Lakukan 5 Hal Ini !

201

Di zaman millennial ini sudah jadi hal yang biasa jika semua orang memiliki gadget. Mulai dari orangtua hingga anak-anakpun ada memilikinya. Sebenarnya kehadiran gadget yang semakin canggih di setiap tahunnya memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia.

Namun, setiap hal pasti memiliki dampak positif dan negatifnya, termasuk kehadiran gadget ini. Kemajuan teknologi yang pesat tetapi tidak dibarengi dengan pengetahuan yang memadai juga tidak akan baik. Orang yang tidak siap dengan hebat dan canggihnya kemampuan gadget masa kini akan terus merasa takjub dengan kemampuan gadgetnya. Hal ini dapat menyebabkan seseorang menjadi ketergantungan untuk terus memainkannya. Terus-terusan bermain gadget dan mengabaikan pekerjaan lain bukanlah hal yang baik.

Kamu hendak mencoba mengurangi penggunaan gadget tapi terasa sangat sulit? Yuk, coba lihat beberapa tips ini!

1. Sibukkan diri dengan berkegiatan dan jangan mager

Kamu bisa ketergantungan karena tidak adanya kegiatan yang kamu kerjakan. Karena tidak ada keadaan yang memaksa kamu untuk melakukan sesuatu, maka timbul perasaan malas dan enggan untuk bergerak karena terbiasa tidak melakukan sesuatu.

Ketika kamu mulai malas, kamu hanya ingin melakukan kegiatan yang tidak harus berpindah atau bergerak , misalnya bermain gadget. Hal ini dikarenakan kamu merasa nyaman dengan keadaan seperti itu. Nah keadaan inilah yang bisa membuat kamu ketergantungan kepada benda kecil berjuta kesenangan ini.

2. Uninstall aplikasi yang membuat ketergantungan

Tidak bisa dipungkiri jika memainkan games atau mengecek akun sosial media merupakan salah satu hal yang menyenangkan. Eits, tapi tunggu dulu! hal yang menyenangkan belum tentu bermanfaat. Semakin kamu menyukai sebuah aplikasi maka besar kemungkinan kamu akan terus membukanya, dan akibatnya kamu malah jadi ketergantungan pada gadgetmu.

Untuk mencegah hal itu terjadi, kamu bisa meng-uninstall aplikasi-aplikasi yang ada di gadgetmu. Tujuannya agar keinginan untuk membuka aplikasi tersebut bisa berkurang karena telah dihapus dari gadget. Karena sudah tidak ada aplikasi tersebut, maka kamu jadi punya alasan untuk tidak selalu berkutat pada gadget.

3. Batasi waktu penggunaan

Kamu harus membuat batas waktu penggunaan terhadap gadget. Misalnya, kamu hanya akan membuka semua akun sosial media maksimal 2 jam per hari atau kamu hanya akan membuka gadget ketika hendak menelpon atau mengirim pesan yang penting. Contoh seperti itu bisa kamu lakukan supaya membatasi dirimu terhadap pengunaan gadget. Dengan adanya aturan batasan yang dibuat, kamu bisa terbebas dari yang namanya ketergantungan.

4. Minta bantuan orang lain

Maksud dari meminta bantuan orang lain di sini adalah dengan membantu menahan keinginan kamu untuk memainkan gadget. Mungkin kamu termasuk ke dalam orang yang sangat susah untuk menahan keinginan bermain gadget padahal kamu sudah membuat batasan waktu. Kamu malah tetap memainkannya padahal itu sudah lewat dari batasan waktu yang dibuat karena kamu tidak tahan untuk tidak terus memainkannya.

Nah, disinilah peran orang yang kamu minta bantuannya. Orang tersebut bisa menjadi pengingat bahkan tidak segan mengambil gadgetmu jika kamu kelewatan batas memainkannya.

5. Kuatkan tekad dan komitmen

Karena kamu sudah tahu dampak negatifnya, kamu harus menanamkan dalam pikiran bahwa “jika ini terus dilanjutkan, maka akan merugikan diriku sendiri bahkan orang-orang disekitarku”.

Jika kamu menanamkan mindset yang seperti ini, maka kamu bisa terbebas dari yang namanya ketergantungan terhadap gadget.

Hal yang menyenangkan belum tentu baik untuk kamu kedepannya. Selalu ingat bahaya dan betapa ruginya kamu jika ketergantungan. Jangan mau diperbudak oleh smartphone-mu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here