Ternyata Makanan ini Berbahaya jika di Konsumsi Secara Berlebihan!

587
Bahaya di Balik Roti Tawar Putih (google image)

Roti tawar putih merupakan santapan yang lezat dan dipandang menyehatkan bagi sebagian orang. Namun, anggapan seperti itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Nyatanya roti tawar ini mempunyai dampak buruk bagi kesehatan, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Nah karena itulah, kalian sebaiknya mencari jenis makanan lain yang lebih sehat dan aman untuk pagi hari atau jam Рjam biasa. Berikut ini beberapa alasan kenapa BogorNetizen harus menghindari roti tawar putih.

1. Mengandung Banyak Protein Jahat
Tepung bahan roti tawar umumnya memiliki kandungan protein jahat atau glutten yang sangat tinggi. Jenis protein ini dapat menimbulkan sakit perut hingga diare.

2. Memiliki Kadar Natrium Tinggi
Roti tawar putih memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi. Natrium dalam jumlah banyak ini, apabila masuk ke tubuh terus-menerus maka akan berkontribusi menyebabkan penyakit jantung dan selain itu, kadar garam dalam darah juga akan meningkat sehingga berisiko menimbulkan berbagai penyakit mematikan.

3. Nol Nutirisi
Roti tawar putih ternyata tidak memiliki nutrisi apapun. Hal ini terjadi karena selama proses pembuatan, tepung roti tawar kehilangan asupan vitamin dan nutirisi yang terkandung seperti vitamin B dan E, seng, dan asam folat. Hilangnya nutrisi ini membuat roti tawar putih menjadi makanan yang hanya bisa mengganjal perut.
4. Mengandung Banyak Fruktosa
Fruktosa merupakan jenis gula yang banyak terdapat dalam berbagai makanan olahan. Hampir semua jenis roti mempunyai kandungan gula fruktosa, namun roti tawar putihlah yang mempunyai kandungan fruktosa paling tinggi.
Kandungan fruktosa ini mempunyai dampak buruk bagi kesehatan terutama yang berkaitan dengan ginjal dan darah.
5. Bisa Sebabkan Diabetes
Amylum dalam roti tawar putih yang masuk ketubuh akan terpecah oleh enzim pencernaan dan dirubah menjadi senyawa glukosa. Senyawa ini akan dengan cepat memasuki aliran darah dan menyebabkan kadar gula darah melonjak. Jika dibiarkan terus-menerus, maka bisa saja muncul penyakit mematikan seperti diabetes.
6. Tinggi Karbohidrat Tapi Miskin Serat
Kandungan karbohidrat yang sangat tinggi dalam roti tawar putih, berpotensi mengakibatkan hiperkarbohidrat atau kelebihan karbohidrat dalam tubuh. Jika dibiarkan, maka bisa berpotensi menyebabkan gangguan fungsi kognitif otak, seperti menurunnya kecerdasan dan daya ingat, atau bahkan alzheimer.
Selain itu, kandungan serat yang sangat terbatas, akan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan.
7. Mengenyangkan, Tetapi Tidak Bertahan Lama
Ada beberapa sumber yang bilang bahwa memakan roti tawar tidak akan mengenyangkan. Namun menurut kebanyakan orang, roti tawar putih tetap bisa mengenyangkan perut hanya saja rasa kenyang tersebut tidak akan bertahan lama. Artinya, kalian akan kembali lapar begitu cepat setelah memakan roti tawar.
8. Membuat Cepat Gemuk
Mengkonsumsi roti tawar saat diet adalah pilihan yang salah. Alasannya karena, roti tawar mengandung banyak sekali kalori yang berpotensi meningkatkan berat badan. Jadi, buat BogorNetizen yang sedang diet atau tidak ingin berat badannya naik, maka harus berhenti makan roti tawar putih sekarang juga.
9. Sulit Untuk Dicerna
Minim serat dan kandungan glutten yang sangat tinggi membuat roti tawar sulit untuk dicerna. Selain itu, roti tawar juga tidak mempunyai kandungan enzim yang bisa membantu memecah karbohidrat dan lemak agar mudah dicerna.
Gimana BogorNetizen? masih memilih roti tawar putih sebagai santapan rutinnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here