Pengaruh Buruk Gadget Untuk Kesehatan Anak

439
Sumber gambar : http://mommiesdaily.com/2016/06/11/puasa-gadget-ciptakan-waktu-berkualitas-bersama-keluarga/ | pada artikel : Puasa Gadget, Ciptakan Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

Zaman modern yang seperti ini, anak – anak mana yang gak mahir mengoperasikan gadget? Penting buat orangtua yang bersikap bijak dalam memberikan alat komunikasi, usia masih tiga tahun saja udah akrab dengan gadget, malah ngalahin para lansia. Gadget bisa lebih bermanfaat kalau bijak dalam pemakaiannya dan dipakai buat media pembelajaran anak, penting nih untuk para orangtua.

Sebagai orangtua musti peka terhadap perkembangan teknologi pada zaman sekarang, tahu waktu yang epa buat ngasih gadget kepada anaknya. Jangan lupa untuk memberikan batasan jadi gadget tidak menjadi ketergantungan anak yang akan menimbulkan dampak negative tehadap tumbuh kembangnya.

Pengaruh gadget buat anak bisa terkena paparan radiasi yang bahaya buat kesehatan dan perkembangan otak sekaligus system imun anak. Seringnya main gadget bisa menyebabkan kecanduan dan ketergantungan yang akan menimbulkan dampak negative terhadap perkembangan fisik dan motoric anak.

Penggunaan gadget yang gak terkontrol bisa memicu penyakit mental seperti depresi, gangguan bipolar, sampai dengan autis. Bisa juga beresiko kelebihan berat badan atau obesitas, dimana anak yang gak mau gerak akibat keasyikan main gadget.

Yang terakhir ini penting. Sehingga anak yang membuka situs online dan menayangkan sesuatu hal yang semestinya gak diliat harus dalam pengawasan orang tua dan mengawasi. Kalau bisa dengan bijaksana orangtua gak perlu memfasilitasi koneksi internet pada saat anak menggunakan gadget.

Lebih baik para orangtua memberikan batasan pada anak terhadap gadget maksimal 2 jam dalam sehari dan jangan lupa untuk selalu mengawasi apa saja yang dilakukan oleh anak tersebut terhadap gadgetnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here