Piala Dunia Tahun ini memperkenalkan Teknologi yang Bernama VAR! Apa itu?

378
Teknologi Pendukung Keputusan pada Piala Dunia 2018

Perhelatan sepak bola terbesar di dunia telah selesai di selenggarakan dan Perancis telah keluar sebagai Juara Dunia.

Namum perlu diketahui, bahwa perhelatan piala dunia 2018 menggunakan berbagai macam rentetan teknologi terkini, salah satunya yaitu VAR (Video Assistans Referee).
Apa itu? Yuk kita ulas!

Teknologi digunakan untuk menjadi assisten wasit dalam mengawasi jalannya pertandingan lewat video, dan membantu wasit menganalisis sebuah pelanggaran dari video yang terpasang di lapangan selama pertandingan.

Teknologi ini digunakan untuk merekam 4 kejadian, diantaranya adalah saat terjadi gol, keputusan penalty, keputusan mengeluarkan kartu merah, dan ketika wasit akan menjatuhkan sanksi kepada pemain

Ketika terjadi sesuatu, asisten wasit akan segera memberitahu pada tim wasit assisten VAR melalui headset. Maka dari itu IFAB kembali melakukan inovasi untuk mengembangkan teknologi VAR ini. Butuh sekitar tujuh tahun hingga teknologi ini dapat teruji

Tahukah anda, persahabatan antara Italia dan Prancis pada 1 September 2016 lalu menjadi pertandingan international pertama yang menggunakan teknologi VAR. Dan laga tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan perancis.

Setelah itu, FIFA mengadopsi VAR saat Real Madrid menang 4-2 atas Kashima Antlers pada laga final Piala Dunia Antarklub 2016. Pada dua pertandingan tersebut, VAR berhasil membantu wasit menghindari berbagai kontroversi.

Alhasil, FIFA memutuskan penggunaan VAR pada Piala Konfederasi 2017. Hal tersebut bermaksud untuk menjadi uji coba teknologi tersebut pada pelaksanaan Piala Dunia 2018.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here